5 Fakta Menarik Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia U-20 2025, Nomor 3 Bikin Bangga ASEAN

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia U-20 2025, Nomor 3 Bikin Bangga ASEAN

Olahraga | inews | Senin, 30 September 2024 - 18:00
share

JAKARTA, iNews.id – Ada lima fakta menarik Timnas Indonesia U-20 lolos Piala Asia U-20 2025. Ini menjadi kebanggaan buat fans Garuda Nusantara.

Timnas Indonesia U-20 berhasil lolos via jalur juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tim asuhan Indra Sjafri itu memetik dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Putaran final Piala Asia U-20 2025 bakal digelar di China pada 6 – 23 Februari 2025. Sebelum jauh ke situ, ada lima fakta menarik yang mengiringi kesuksesan Timnas Indonesia U-20. Apa saja?

Lima fakta menarik Timnas Indonesia U-20 lolos Piala Asia U-20 2025:

1. Kejeniusan Indra Sjafri

Untuk ketiga kalinya Indra Sjafri memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia kelompok umur. Sebelumnya dia membawa Garuda Nusantara mentas di Piala Asia U-19 edisi 2014 dan Piala Asia U-19 2018.

Kini turnamen berganti nama menjadi Piala Asia U-20 2025. Bisakah Indra Sjafri membawa Garuda Nusantara terbang tinggi?

2. Jens Raven

Jens Raven kembali membuktikan kualitasnya sebagai striker tangguh. Dia sebelumnya mencuri perhatian dengan mencetak empat gol saat Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF U-19 2024.

Kini di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, dia kembali unjuk gigi. Raven mencetak tiga gol dari tiga pertandingan yang digelar.

Ini membuktikan dirinya pantas masuk ke Timnas Indonesia senior yang kekurangan striker tajam.

3. ASEAN bangga

Indonesia menjadi salah satu dari tiga wakil ASEAN yang mentas di Piala Asia U-20 2025. Selain Garuda Nusantara juga ada Thailand dan Australia.

Namun Timnas Indonesia U-20 lebih hebat. Sebab Garuda Nusantara lolos sebagai juara Grup F tanpa pernah kalah.

Sedangkan Thailand dan Australia lolos via jalur lima runner up terbaik. 

4. Grup Neraka

Di putaran final nanti, 16 kontestan akan dibagi menjadi empat grup yang masing-masing berisi empat tim. Namun, sebelum drawing pembagian grup, setiap kontestan akan ditempatkan di salah satu dari empat pot yang ada.

Pembagian pot ini berdasarkan status unggulan yang mengacu pada performa mereka di putaran  final dan kualifikasi edisi sebelumnya (2023). Kala itu, Indonesia juga finis sebagai juara grup pada kualifikasi, namun gagal melaju ke perempat final pada putaran final.

Kondisi itu membuat Garuda Nusantara ditempatkan pada pot 3 pada undian kali ini. Situasi ini membuat Timnas Indonesia U-20 terancam masuk grup neraka.

Jika kurang beruntung, Garuda Nusantara bisa terjebak satu grup bersama tim-tim kuat sekelas Irak dan Jepang atau tuan rumah China yang menghuni Pot 1. Kemudian, Garuda Nusantara juga bisa jadi harus bersaing dengan Korea Selatan, Iran atau Australia yang ada di Pot 2.

Ditambah lagi, Indonesia bakal mendapatkan lawan kuat dari pot 4 seperti Qatar dan Korea Utara. Atau bisa juga Garuda Nusantara bentrok sesama tim ASEAN, Thailand, yang juga ada di Pot 4. 

5. Cari Pemain Keturunan

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri sepakat dengan ucapan Shin Tae-yong yang menyebut skuad Garuda Nusantara masih butuh tambahan amunisi pemain keturunan baru untuk mentas di Piala Asia U-20 2025.

“Saya sepakat dengan Coach Shin, bahwa kita mungkin butuh penambahan pemain,” kata Indra Sjafri dalam konferensi pers usai laga melawan Yaman U-20 pada Minggu (29/9/2024).

“Dan ini yang akan kita diskusikan segera dalam minggu-minggu ini, siapa calon pemain barunya, lalu kita akan bicara dengan pemilik klub karena bagaimanapun kompetisi masih berlanjut,” sambungnya.

Topik Menarik