Apakah Bahasa Italia dan Spanyol Sama? Ini Jawabannya

Apakah Bahasa Italia dan Spanyol Sama? Ini Jawabannya

Gaya Hidup | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 09:38
share

JAKARTA, iNews.id - Apakah bahasa Italia dan Spanyol sama? Ketahui jawabannya di artikel ini.

Banyak orang beranggapan kalau bahasa Italia sama dengan Spanyol. Terlebih, cara pelafalannya yang terdengar mirip. 

Padahal, menurut Guru Bahasa Italia Erlangga Greschinov, keduanya berbeda. Tapi, keduanya memang berasal dari satu hal yang sama. 

"Bahasa Italia dan Spanyol itu berbeda, tapi ada kemiripan di antara keduanya, karena berasal dari rumpun bahasa Romawi," kata Gres dalam tayangan Morning Update iNews TV, Kamis (3/10/2024). 

Erlangga Greschinov di Morning Update iNews TV mengajarkan bahasa Italia. (Foto: iNews TV)
Erlangga Greschinov di Morning Update iNews TV mengajarkan bahasa Italia. (Foto: iNews TV)

Gres melanjutkan, orang yang belajar atau bisa bahasa Italia, kemungkinan besar akan mengerti dan paham dengan bahasa Spanyol. Hal ini dikarenakan rumpun bahasa keduanya sama, yaitu bahasa Romawi. 

"Ketika seseorang belajar bahasa Italia, maka dia akan paham bahasa Spanyol," ungkapnya. 

Tak hanya dengan bahasa Spanyol, bahasa Italia juga terdengar mirip dengan bahasa Prancis dan Portugis. Kesemua itu sekali lagi, berasal dari rumpun bahasa Romawi. 

Sebagai informasi, ciri-ciri bahasa latin seperti dalam bahasa Italia, Prancis, Spanyol, atau Portugis adalah setiap kata benda tergolong dalam salah satu dari dua genera yaitu maskulin dan feminin. 

Selain itu, setiap kata benda berubah akhiran atau bahkan bentuk sesuai dengan jumlahnya, baik itu jamak atau tunggal. Dan setiap kata kerja tergolong ke dalam salah satu dari tiga golongan kata kerja -are, -ere, atau -ire.

Nah, pada kata sifat mengikuti kata benda menurut genera dan jumlahnya. 

Gres memberi contoh, jika ingin mengucapkan 'Halo ganteng', bahasa Italianya 'Ciao bello' dan 'halo cantik' adalah 'Ciao bella'. 

Begitu juga dengan ibu dan bapak. Kalau ibu dalam bahasa Italia adalah 'Signora' dan bapak adalah 'Signor'. 

Jadi, itu dia pembahasan soal apakah bahasa Italia dan Soanyol sama dan ternyata berbeda, ya.  Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik