Pelatihan Anggota DPRD Perindo, Ahli Ingatkan Pentingnya Awasi Penyusunan APBD

Pelatihan Anggota DPRD Perindo, Ahli Ingatkan Pentingnya Awasi Penyusunan APBD

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 09:39
share

JAKARTA, iNews.id - Partai Perindo menggelar pelatihan penyusunan APBD bagi kader yang menjadi anggota DPRD, Rabu (2/10/2024). Pelatihan ini menghadirkan ahli e-budgeting, Gagat Djiwarno.

Gagat menjelaskan, anggota DPRD tidak hanya sebatas merencanakan APBD tetapi juga harus mampu mengawasi penyusunan anggaran.

"Justru dari sisi saya pribadi, anggota DPRD, baik kota maupun kabupaten itu, untuk justru lebih menekankan kepada pengawasan. Kalau di perencanaan penganggarannya itu gampang," kata Gagat dalam paparannya.

Dia mengakui, selama ini anggota DPRD memang lebih berfokus kepada penyusunan saja lantaran membawa aspirasi masyarakat. Namun, jika fokus itu tidak diikuti pengawasan, maka perencanaannya bisa tidak terwujud.

"Karena ada kalanya perencanaan A tapi tanpa pengawasan malah jadi B. Jadi ini satu siklus ini semuanya harus diperhatikan, mulai perencanaan sampai ke pengawasan," katanya.

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Perindo, Michael Sianipar menyebut, anggota DRPD dari Partai Perindo harus kritis dalam penyusunan APBD. Dia berharap semua anggota prima dan bisa meneliti penyusunan anggaran.

"Dan memastikan program-program yang baik untuk masyarakat dan sesuai visi misi partai," kata Michael.

Topik Menarik