JK Ungkap Syarat Perdamaian di Gaza Bisa Segera Terwujud  

JK Ungkap Syarat Perdamaian di Gaza Bisa Segera Terwujud  

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 13:12
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK) menyebut perdamaian di Gaza, Palestina bisa segera terwujud. Syaratnya yakni ada komitmen dari Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, Pemimpin Hamas Yahya Sinwar, dan Presiden Amerika Serikat (AS).

“Saya katakan yang bisa menghentikan perang di Palestina hanya tiga orang di dunia ini, ialah Netanyahu, Yahya Sinwar pemimpin Hamas yang sekarang dan Presiden Amerika siapa pun presidennya itu. Hanya tiga orang," ujar JK di Gedung MUI, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

JK menjelaskan tidak ada negara lain yang bisa ikut campur pada perdamaian di Gaza. "Tidak ada negara lain yang bisa mendamaikan tanpa tiga orang semuanya tidak banyak,” kata JK dalam sambutannya saat menerima penghargaan MUI, di Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Dia juga mengatakan keberanian para pejuang di Gaza untuk melawan Israel tidaklah cukup hanya dengan keberanian. Namun, teknologi juga penting untuk melawan perang melawan zionis.

“Apa yang kita terjadi, tentu kita sangat menghargai upaya para pejuang-pejuang dimanapun adalah keberanian dan juga perlawanan tapi keberanian saja tidak cukup,” katanya.

Menurutnya, perang saat ini merupakan perang teknologi. Jumlah tentara tidak bisa menjadi patokan untuk memenangkan perang.

“Tapi kita tidak bisa melawan teknologi, perang sekarang adalah perang teknologi, yang kita tidak kuasai,” kata JK.

JK mengatakan banyak negara-negara Islam di Timur Tengah yang kaya, namun teknologi akan berperan penting untuk melawan zionis.

“Negara-negara Islam tidaklah miskin, banyak negara Islam yang kaya, luar biasa negara-negara penghasil minyak di Timur Tengah sungguh luar biasa kayanya, tetapi tidak bisa hanya dengan kekayaan tidak bisa hanya keberanian tapi teknologi mengalahkan semua," katanya.

Topik Menarik