5 Fakta Menarik Eliano Reijnders, Punya Abang Beda Negara

5 Fakta Menarik Eliano Reijnders, Punya Abang Beda Negara

Olahraga | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 15:35
share

JAKARTA, iNews.id – Lima fakta menarik Eliano Reijnders menarik dibahas. Dia merupakan calon bintang baru Timnas Indonesia. 

Pemain diaspora berusia 23 tahun itu siap melakoni debut bersama Tim Garuda saat melakoni laga tandang kontra Bahrain pada laga ketiga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga tersebut bakal digelar di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB. 

Sebelum Eliano melakoni debutnya, iNews.id telah merangkumkan lima fakta menarik tentang sang pemain. Berikut ulasannya. 


5 Fakta Menarik Eliano Reijnders

1. Memiliki Darah Maluku

Terlahir di Tampere, Finlandia, Eliano memiliki darah Maluku dari ibunya yang bernama Angelia Lekatompessy. Sang ibu memiliki keturunan Ambon, Maluku, dan menikah dengan pria Belanda bernama Martin Reijnders. 

Pada 30 September 2024, Eliano resmi mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI). Kondisi tersebut membuatnya bisa dipanggil Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk meladeni Bahrain dan China pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 10 dan 15 Oktober 2024. 


2. Bakat Sepak Bola dari Ayahnya

Bakat Eliano bermain sepak bola ternyata turun dari ayahnya, Martin Reijnders, yang bermain sebagai striker profesional yang pernah berkarier di Belanda, Finlandia dan Amerika Serikat. 

Martin Reijnders mengawali karier di PEC Zwolle pada 1990. Setelah delapan tahun, dia hijrah ke klub Amerika Serikat, Nashville Metros. Kemudian, dia hijrah ke Finlandia untuk bergabung beberapa klub di sana seperti FC Jokerit, FC Haka. Kemudian, dia kembali ke Belanda pada 1999 untuk bergabung Den Bosch, sebelum akhirnya pensiun di Zwolle. 


3. Memiliki Abang Beda Negara

Eliano merupakan adik kandung dari gelandang AC Milan, Tijani Reijnders. Namun, berbeda dengannya, sang abang memilih untuk berkewarganegaraan Belanda. 

Dengan begitu, suatu saat bisa saja Eliano yang membela Timnas Indonesia akan berhadapan dengan abangnya yang berkostum Timnas Belanda dalam sebuah laga internasional. 


4. Memiliki Kekasih Keturunan Indonesia

Eliano memiliki kekasih bernama Marchiana Rathna yang kabarnya memiliki darah Indonesia. Namun, tak ditemukan secara detail dari mana asal-usul keturunan kekasih Eliano yang juga seorang atlet itu. 

Dari hubungan keduanya, mereka telah memiliki seorang putra yang lahir pada 22 Februari 2023 yang diberi nama Louay Reijnders. 


5. Bisa Main di Beberapa Posisi

Eliano tergolong pemain serbabisa. Dia kerap dimainkan sebagai bek kanan atau kiri di PEC Zwolle. Namun, selain itu, dia juga bisa memainkan peran sebagai gelandang serang atau winger. 

Kemampuan inilah yang sangat disukai Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Menarik dinantikan di mana sang pelatih memainkan Eliano di Timnas Indonesia. 

Topik Menarik