Ridwan Kamil Kenang Sosok Prof Danisworo Dosen Kesayangan, Ingat Pesan Terakhir

Ridwan Kamil Kenang Sosok Prof Danisworo Dosen Kesayangan, Ingat Pesan Terakhir

Terkini | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 08:17
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil mengenang sosok dosen kesayangannya, Mohammad Danisworo yang wafat pada Jumat (11/10/2024) lalu. RK dititipi pesan terakhir dari almarhum jika nantinya terpilih menjadi Gubernur Jakarta.

"Kang Emil, kalau nanti jadi Gubernur, jangan hanya membangun gedung saja, tapi juga membangun warganya, komunitas lainnya," kata RK menirukan pesan itu, dikutip Minggu (13/10/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat itu pun berjanji akan selalu mengingat pesan itu jika nantinya terpilih menjadi orang nomor satu di Jakarta.

"Insya Allah pesan itu akan saya jalankan," ucap dia.

Baginya, Danisworo merupakan sosok dosen kesayangan yang bahkan dianggap sebagai ayah keduanya. Guru Besar Arsitektur dan Desain Kota itu merupakan sosok yang juga membantu dirinya mengambil pendidikan di Amerika Serikat.

"Saya sangat kehilangan karena Prof Danisworo merupakan tokoh tata kota ternama. Beliau adalah ayah kedua saya, yang mengirim saya studi ke Amerika," kata RK

Menurut RK, Danisworo selalu hadir membantunya dalam setiap persoalan. Misalnya, dia kerap diberi bantuan saat tengah kekurangan uang.

"Prof Danisworo yang mendorong saya menjadi staf ahli Pak Sutiyoso sepulang dari Amerika Serikat. Secara karier, saya banyak dibimbing. Saya akan meneruskan cita-citanya bila nanti saya terpilih menjadi orang nomor satu di Jakarta," kata RK.

Mohammad Danisworo menempuh pendidikan strata 1 di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan arsitektur. Kemudian, dia meneruskan studi tentang rancang kota di University of California, Berkeley dan meraih gelar doktoral Urban Environmental Planning dari University of Washington. Setelah itu, Danisworo memulai karier profesionalnya di biro arsitektur Skidmore, Owing and Merril (SOM), Chicago.

Topik Menarik