Blusukan di Koja, Ridwan Kamil Kondangan dan Tampung Masalah Sertifikat Tanah

Blusukan di Koja, Ridwan Kamil Kondangan dan Tampung Masalah Sertifikat Tanah

Terkini | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 20:54
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil blusukan di Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Minggu (13/10/2024). Dalam kesempatan tersebut, dia tidak hanya menyapa warga, tapi juga memberikan kejutan. 

Ridwan Kamil memberi kejutan kepada pengantin yang baru saja menikah, Lia dan Firman. Politisi Partai Golkar itu juga mendengarkan curahan hati (curhat) warga terkait dengan persoalan sertifikat tanah. 

Sebagai pengantin, Lia dan Firman sama sekali tidak mengetahui Ridwan Kamil bakal kondangan ke resepsi yang mereka selenggarakan di halaman Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta Utara. Firman mengaku kaget karena seorang calon gubernur bersedia datang ke acara yang sangat sederhana. 

Dia mengaku senang karena sejak lama sudah sering melihat unggahan-unggahan Ridwan Kamil di media sosial. 

”Perasaan saya campur aduk, deg-degan, bingung mau ngapain. Terima kasih banyak Pak Ridwan Kamil sudah mampir ke acara saya dan keluarga. Saya memang sering lihat di YouTube, memang orangnya berbaur sama masyarakat, dia berbaur dan kadang suka kunjungan. Makanya saya kayak mimpi didatangi dia, orang saya nggak tahu, baru ini juga saya didatangi oleh orang besar,” ungkap Firman. 

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua RT 001 RW 04 Heri Hendriatmoko. Dia menyampaikan Ridwan Kamil blusukan ke daerah tempat tinggalnya secara mendadak. 

Karena itu, warga tidak menyiapkan apapun. Namun dia lega lantaran pria yang pernah menjadi gubernur Jawa Barat itu bersedia duduk bersama di Poskamling untuk mendengar curhat dari warga setempat. Mereka satu suara menyampaikan soal sertifikat tanah. 

”Kebetulan di RT 001, RW 04, Tugu Selatan sampai saat ini belum bisa disertifikatkan karena terkendala status tanah yang katanya masih dimiliki oleh Setneg. Tapi kenyataannya ada sebagian yang bisa dijadikan sertifikat. Kami sebagai masyarakat kecil mengiri, kenapa mereka bisa kami nggak? Mudah-mudahan Pak Ridwan jadi gubernur, bisa membantu kami menyelesaikan sertifikat tanah ini,” ungkap Heri.

Meski blusukan Ridwan Kamil di Tugu Selatan dilakukan secara mendadak, Heri melihat calon gubernur yang dipercaya sebagai kurator Ibu Kota Nusantara (IKN) itu punya kepedulian tinggi terhadap masyarakat kecil. Sebab, tidak hanya meluangkan waktu untuk bicara, berdialog, dan mendengarkan aspirasi warga, Ridwan Kamil tidak segan-segan singgah di rumah warga yang kondisinya sudah memprihatinkan. Menurut dia, itu menjadi bukti bahwa Ridwan Kamil peduli pada masyarakat kecil. 

Di hadapan Heri dan para warga, suami Atalia Praratya itu menyampaikan bahwa aspirasi masalah sertifikat tanah menjadi catatannya. Bila pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Jakarta, aspirasi yang disampaikan oleh warga Tugu Selatan akan dicarikan solusi. Tentu solusi yang sesuai dengan aturan dan ketentuan. Sehingga semua tetap berjalan dalam koridor hukum yang berlaku. 

”Curhatan utamanya adalah urusan sertifikasi tanah, ini menjadi catatan. Jika saya menjadi gubernur, saya akan cari jalan untuk memperjuangkan apa yang menjadi harapan rakyat, dengan koridor-koridor hukum yang tentunya harus kita cari solusinya. Mudah-mudahan nanti dengan mediasi dari gubernur, harapan masyarakat di sini bisa dipenuhi tanpa ada hal-hal yang sifatnya negatif kira-kira begitu,” ucap Ridwan Kamil. 

Selama masa kampanye di pilkada Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono terus bersafari, berkeliling dan blusukan ke daerah-daerah tempat tinggal warga. Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta itu kompak menyerap sebanyak-banyaknya aspirasi dari masyarakat. 

Mereka berkomitmen untuk membawa aspirasi tersebut sebagai bagian dari ikhtiar menghadirkan solusi untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Jakarta.

Topik Menarik