PSSI Tetap Targetkan 15 Poin, Timnas Indonesia Diminta Sapu Bersih Laga Kandang

PSSI Tetap Targetkan 15 Poin, Timnas Indonesia Diminta Sapu Bersih Laga Kandang

Olahraga | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:29
share

JAKARTA, iNews.id – PSSI tetap menargetkan Timnas Indonesia meraih 15 poin dalam persaingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Untuk itu, federasi meminta Tim Garuda menyapu bersih empat laga kandang tersisa. 

Hingga matchday keempat, Timnas Indonesia baru mendapatkan tiga poin hasil tiga kali imbang kontra Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2), serta satu kekalahan di markas China (1-2). 

Kondisi itu membuat Tim Garuda mogok di peringkat kelima klasemen sementara Grup C. Namun, persaingan masih terbuka, karena torehan tiga poin Indonesia hanya berselisih dua angka dari Australia, Arab Saudi dan Bahrain di peringkat kedua, ketiga dan keempat. 

Sementara China yang juga mengantongi tiga poin ada di peringkat terbawah karena kalah selisih gol dari Indonesia. Sedangkan puncak klasemen masih dikuasai Jepang dengan sepuluh poin. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan kans Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 masih terbuka. Syaratnya, Tim Garuda harus memaksimalkan 
enam laga sisa.

Setelah kalah dari China, Arya mengatakan masih ada harapan untuk Timnas Indonesia meraih 15 poin seperti yang ditargetkan. 

"Seperti kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, kesempatan masih ada. Kami masih ada enam laga, yakni dua tandang dan empat kandang. Kesempatan kejar 15 poin," kata Arya di Sekretariat PSSI Pers, Rabu (16/10/2024).

"Tandang tinggal melawan Jepang (10/6/2025) dan Australia (20/3/2025). Kami akan kejar 15 poin supaya mengamankan (posisi ketiga atau keempat)," ucapnya.

Arya mengatakan, sangat sulit Timnas Indonesia bisa meraih poin saat bertandang ke markas Australia dan Jepang. Jadi, timnya harus bekerja keras mengamankan poin saat laga kandang, yakni melawan Jepang (15/11/2024), Arab Saudi (19/11/2024), Bahrain (25/3/2025), dan China (5/6/2025).

"Kami masih punya enam pertandingan lagi, harapan kami dapat 12 poin berarti harus menang kemenangan dan dua kalah. Itu kami jaga banget. Lawan Jepang, Bahrain, China, Arab Saudi, harus poin tiga," katanya.

Menurut Arya, Timnas Indonesia pun akan melihat selisih poin dengan kontestan Grup C lainnya. Sebab, saat ini poin antartim bersilih tipis dalam papan klasemen sementara.

“Kami juga harus lihat pertandingan lawan kita,” ujarnya.

Topik Menarik