Jay Idzes Bisa Main Lawan Jepang, Timnas Indonesia Hanya Kehilangan 1 Pemain

Jay Idzes Bisa Main Lawan Jepang, Timnas Indonesia Hanya Kehilangan 1 Pemain

Olahraga | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 18:34
share

JAKARTA, iNews.id – Timnas Indonesia dipastikan bisa memainkan Jay Idzes saat menjamu Jepang pada matchday kelima putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Tim Garuda dijadwalkan akan menjamu Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 15 November mendatang.

Sebelumnya, sempat muncul kekhawatiran bakal absennya Jay Idzes dalam laga penting tersebut. Penyebabnya, bek Venezia itu mendapat kartu kuning saat Timnas Indonesia takluk 1-2 di markas China pada matchday keempat, Selasa (15/10/2024). 

Banyak yang beranggapan itu menjadi kartu kuning kedua bek berusia 24 tahun itu. Karena dia juga mendapat kartu kuning saat Timnas Indonesia pesta 3-0 atas Vietnam di Hanoi pada putaran kedua, 26 Maret silam. 

Namun, sesuai aturan FIFA pada Kualifikasi Piala Dunia, kartu kuning di putaran berbeda tak dihitung. Artinya, Jay Idzes masih tercatat mendapatkan satu kartu kuning (vs China), karena kartu kuning saat lawan Vietnam di putaran kedua dihapuskan saat memasuki putaran ketiga. 

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, juga memastikan Jay Idzes bisa tampil melawan Jepang, bulan depan. Dia menegaskan, kartu kuning di putaran kedua tidak terbawa ke putaran ketiga. 

“Jadi, Jay baru sekali kartu kuning lawan China. Dia bisa main (lawan Jepang),” tutur Sumardji kepada iNews.id, Kamis (17/10/2024) sore.

Timnas Indonesia Kehilangan 1 Pemain

Dengan begitu, hanya satu pemain yang dipastikan absen saat Tim Garuda menjamu Timnas Jepang. Dia adalah Ivar Jenner yang mendapat kartu kuning saat melawan China. 

Itu menjadi kartu kuning kedua gelandang Jong Utrecht itu di putaran ketiga, setelah sebelumnya juga mendapatkan hal serupa saat melawan Bahrain, 10 Oktober lalu. 

Meski begitu, Ivar hanya absen satu pertandingan melawan Jepang. Setelah itu, dia bisa kembali dimainkan saat Timnas Indonesia menjamu Arab Saudi, juga di SUGBK, pada 19 November 2024.

Timnas Indonesia diharapkan bisa memaksimalkan dua pertandingan kandang tersebut untuk menjaga asa menuju Piala Dunia 2026. Saat ini, Tim Garuda mogok di peringkat kelima klasemen sementara Grup C dengan tiga poin, setara dengan China di bawahnya. 

Timnas Indonesia hanya berselisih dua poin dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain di posisi kedua, ketiga dan keempat. Puncak klasemen masih dikuasai Jepang dengan sepuluh poin. 

Topik Menarik