Suswono Ingin Pasar Tradisional di Jakarta Jadi Destinasi Wisata

Suswono Ingin Pasar Tradisional di Jakarta Jadi Destinasi Wisata

Terkini | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 17:48
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta Suswono ingin mengembangkan dan mempercantik pasar tradisional di Jakarta. Dia berharap pasar tersebut menjadi destinasi wisata dan menarik para pembeli.

"Sebagai kota global, tentu apa yang kita harapkan adalah destinasi wisatanya itu betul-betul banyak pilihan. Ingin cari bunga ke sini (Pasar Bunga Rawa Belong), cari tekstil ke Tanah Abang, dan sebagainya. Jadi ini memang rencana akan mengembangkan seperti itu," ujar Suswono di Pasar Bunga Rawa Belong, Kembangan, Jakarta Pusat pada Jumat (18/10/2024).

Menurutnya, sangat bagus bagi perkembangan Jakarta adanya pasar tradisional atau pasar tematik lainnya di Jakarta, seperti Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat ataupun Pasar di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dia menyebut perlu ada kolaborasi dengan berbagai pihak guna pengembangannya. Khususnya dengan para penyuplai, seperti petani dan lainnya.

Selain itu, dia mengingatkan pentingnya mempercantik pasar sekaligus menambah ruang terbuka hijau atau RTH di sekitar pasar tersebut. Dengan begitu, bisa menarik perhatian wisatawan sehingga bisa berkunjung dengan nyaman.

"Tentu tampilan dari pasar itu sendiri menarik, tapi sekaligus rekreasi sehingga memang perlu pasar-pasar itu di sampingnya ada area ruang terbuka hijau. Ibunya belanja, anak-anak bisa sambil bermain di ruang terbuka hijau, penataan tadi ruang terbuka hijau ini adalah bagian dari yang nanti tidak terpisahkan dengan pasar," tuturnya.

Dia menambahkan di Pasar Bunga Rawa Belong tak banyak keluhan dari para pedagang. Harga-harga dan pendapatan pun cukup stabil lantaran para pedagang bunga berjualan secara offline maupun online.

"Memang kemarin saat Covid merasakan mereka itu jatuh karena betul-betul pembeli hampir langka, sekarang sudah kembali stabil lagi, para pedagang bunga hampir semuanya merasa stabil harga dan juga pasokan juga ada terus dan juga pembeli juga relatif ada. Intinya hampir tidak ada keluhan dari mereka," katanya.

Topik Menarik