UIN Jakarta Dorong Implementasi Digitalisasi Sektor Pendidikan Tinggi

UIN Jakarta Dorong Implementasi Digitalisasi Sektor Pendidikan Tinggi

Terkini | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 22:26
share

JAKARTA, iNews.id - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar talkshow Road to Islamic Digital Transformation Forum 2025 bertema “Digital Transformation in Higher Education: A Path to Economics Global Competitiveness” di Jakarta, Jumat (18/10/2024). 

Talkshow yang berlangsung di Gedung Auditorium Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini mempertemukan para pemimpin, pakar, dan pemangku kepentingan di berbagai sektor untuk mendiskusikan transformasi digital pada perguruan tinggi sebagai modal memperkuat daya saing mereka.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Asep Saepudin Jahar mengungkapkan, talkshow digelar seiring komitmen universitas melakukan transformasi digital dalam rangka mempersiapkan masa depan pendidikan di Indonesia yang lebih adaptif dan relevan dengan perkembangan teknologi. Khususnya Artificial Intelligence (AI) dan teknologi berbasis green campus sebagai komitmen dalam isu keberlanjutan.

Talkshow, digelar untuk memperkuat reputasi UIN sebagai universitas yang inovatif, memperluas jejaring internasional, serta mendorong kolaborasi antara universitas dan industri dalam mendukung transformasi digital inovasi di dunia pendidikan dan sektor energi. 

“Melalui acara ini, UIN Jakarta juga ingin mendukung visi nasional dalam menciptakan generasi emas yang siap menghadapi tantangan di era teknologi masa depan, sekaligus mendidik masyarakat dan mahasiswa tentang pentingnya transformasi digital dalam pendidikan,” paparnya dalam keterangan resminya. 

Rektor Asep Jahar mengungkapkan tujuan yang diharapkan tercapai dari kegiatan ini. Di antaranya memperkuat reputasi UIN Jakarta sebagai universitas yang adaptif terhadap transformasi digital dan berkomitmen terhadap konsep green campus. 

Selain itu, mendorong kolaborasi antara universitas dan industri untuk memperkuat pendidikan berbasis teknologi, memperluas jaringan internasional dengan mempromosikan UIN sebagai pusat riset dan inovasi teknologi.

Tujuan lainnya, mengedukasi masyarakat dan mahasiswa tentang pentingnya transformasi digital dalam dunia pendidikan dan sektor energi. Terakhir, kegiatan juga dilakukan guna mendukung visi nasional untuk menciptakan generasi emas yang siap menghadapi tantangan teknologi masa depan. 

Selain talkshow dari berbagai narasumber, kegiatan juga diisi dengan penandatanganan kerja sama antara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Indonesia Business Trade Solutions (MRP Subholdings). 

Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung komitmen UIN Jakarta dalam mengintegrasikan digitalisasi ke dalam bidang pendidikan sesuai tren teknologi yang berkembang sekaligus meningkatkan reputasi universitas sebagai institusi yang visioner dan progresif.

Topik Menarik