Profil Menteri Luar Negeri Sugiono, Putra Aceh Mantan Prajurit Kopassus

Profil Menteri Luar Negeri Sugiono, Putra Aceh Mantan Prajurit Kopassus

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 03:02
share

JAKARTA, iNews.id - Profil Menteri Luar Negeri (Menlu) Suigiono menarik diketahui. Dia dipercaya masuk kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

Prabowo mengumumkan nama-nama menteri serta wakil menteri pada Minggu (20/10/2024) malam. Salah satu yang diumumkan adalah Menlu Sugiono. Posisi menlu kabinet Prabowo merupakan salah satu yang berubah karena sebelumnya jabatan diplomat top RI itu diisi oleh Retno Marsudi.

Penunjukan Sugiono sudah santer sebelumnya. Dugaan tersebut semakin kuat setelah Hashim Djojohadikusumo, adik Prabowo, mengungkapkan bahwa empat lulusan SMA Taruna Nusantara akan menjadi bagian dari kabinet.

Profil Menlu Sugiono

Sugiono merupakan salah satu menteri Kabinet Merah Putih berlatar belakang militer. Dia menamatkan pendidikan di SMA Taruna Nusantara pada 1997. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN).

Pada periode 2002-2004, Sugiono berkarier di TNI Angkatan Darat (AD) dengan pangkat terakhir Letnan Satu. Setelah itu Sugiono pensiun dari militer menjadi sekretaris pribadi Prabowo. Karier politiknya ditandai dengan bergabung ke Partai Gerindra. Sugiono juga pernah menjabat Wakil Ketua Komisi I DPR. 

Pria kelahiran Takengon, Aceh, 11 Februari 1979 ini mengenyam pendidikan sekolah dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) di Aceh. Dia bersekolah di SDN 1 Takengon pada 1985-1991. Selanjutnya, dia melanjutkan pendidikan di SMPN 3 Banda Aceh dari 1991 hingga 1994.

Setelah itu, Sugiono bersekolah di SMA Taruna Nusantara Magelang pada 1994-1997. Setelah menyelesaikan pendidikan di Indonesia, dia melanjutkan studi di Norwich Military Academy, Amerika Serikat.

Dia sejatinya ingin melanjutkan studi di Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri). Namun saat itu Danjen Kopassus Prabowo Subianto memiliki program yakni menyekolahkan lulusan SMA Taruna Nusantara ke beberapa perguruan tinggi militer di AS.  Dia lalu melanjutkan studinya di Norwich Military Academy.

Selesai belajar di AS, dia kembali ke Indonesia untuk mengikuti sekolah calon perwira di Akademi Militer Magelang. Kemudian pada 2002 Sugiono dilantik sebagai perwira TNI AD dengan pangkat letnan dua dan ditempatkan di korps infanteri. Seteah itu Sugiono menjadi prajurit Kopassus dengan pangkat letnan satu.

Sugiono kemudian terjun ke politik dengan bergabung ke Partai Gerindra. Dia sempat menjadi Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Partai Gerindra untuk periode 2020-2025. 

Selain itu, pada 2021-2024, dia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI.

Sugiono dikenal sebagai anak ideologis Prabowo Subianto karena dianggap sebagai sosok cerdas yang berada di lingkaran dekat Prabowo. Di mata para kader Gerindra, Sugiono dianggap memiliki banyak kesamaan dengan sang Presiden, terutama dalam hal kecermatan menghadapi persoalan dan ketegasan dalam bersikap.

Menjabat sebagai menlu, Sugiono didampingi oleh tiga wakil menteri, yakni Muhammad Anis Matta, politikus Partai Gelora; Arrmanatha Nasir, mantan Dubes RI untuk PBB; dan Arif Havas Oegroseno, mantan Dubes RI untuk Jerman.

Topik Menarik