Pertama Kali, Indonesia dan Rusia Bakal Gelar Latihan Perang Angkatan Laut Skala Besar

Pertama Kali, Indonesia dan Rusia Bakal Gelar Latihan Perang Angkatan Laut Skala Besar

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 08:06
share

MOSKOW, iNews.id - Indonesia dan Rusia akan menggelar latihan perang angkatan laut (AL) bersama untuk pertama kali. Kedua negara akan mengerahkan kapal perang masing-masing dalam latihan yang akan digelar di perairan Indonesia tersebut.

Duta besar Rusia untuk Indonesia Sergei Tochnenov mengatakan, latihan AL bernama Orruda itu akan digelar pada November. 

Menurut Tolchenov, sekelompok kapal perang Armada Pasifik Rusia akan melakukan kunjungan persahabatan ke pelabuhan Surabaya, Jawa Timur. Kunjungan tersebut merupakan aktivitas rutin hampir setiap tahun. Namun untuk kali ini, kunjungan akan disertai dengan latihan perang gabungan.

Dia menambahkan ada tiga kapal perang korvet modern AL Rusia yang akan berkunjung ke Surabaya.

"Pada November, sehubungan dengan kunjungan tersebut, akan ada latihan angkatan laut skala besar pertama Rusia dan Indonesia," kata Tolchenov, kepada kantor berita Tass, seperti dikutip Senin (21/10/2024).

Dia menambahkan, di masa mendatang latihan perang tersebut bisa digelar secara berkala, yakni setiap 2 tahun.

"Kemudian mungkin suatu hari kita bisa melakukan latihan semacam itu bukan di perairan dekat Indonesia, tapi katakanlah, di bagian lautan dunia yang lebih dekat dengan Timur Jauh Rusia," ujarnya.

Sementara itu Orruda diambil dari lambang negara kedua pihak, elang atau Oryol dari Rusia dan Garuda, lambang negara RI.

"Elang ada pada lambang Rusia, dan garuda ada pada lambang Indonesia. Semua orang akan menyaksikannya, teman dan musuh kita," kata Tolchenov. 

Tolchenov menegaskan latihan perang serupa juga dilakukan Rusia bersama banyak negara lain, sehingga latihan ini tak ditujukan untuk menekan pihak ketiga.

Topik Menarik