Media Vietnam Provokasi Timnas Indonesia untuk Fokus di Piala AFF 2024: Ingat Garuda Belum Pernah Juara!

Media Vietnam Provokasi Timnas Indonesia untuk Fokus di Piala AFF 2024: Ingat Garuda Belum Pernah Juara!

Olahraga | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 15:12
share

HANOI, iNews.id – Media Vietnam, Bongda24h, memprovokasi Timnas Indonesia untuk fokus di Piala AFF 2024 (Asean Cup 2024). Alasannya, Tim Garuda belum pernah juara. 

PSSI sudah memutuskan untuk tidak menurunkan skuad terbaik Timnas Indonesia di Piala AFF 2024. Alasannya, skuad utama akan difokuskan untuk berjuang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

PSSI mewacanakan akan mengirim Timnas Indonesia U-22 atau pemain-pemain yang tampil di Liga 1 2024-2025 untuk turnamen di Asia Tenggara itu. 

Namun, Bongda24h melihat ada kemungkinan PSSI berubah pikiran. Mereka juga menyarankan agar PSSI mengirimkan skuad terbaik Timnas Indonesia untuk Piala AFF nanti. 

Menurut mereka, kemungkinan itu bisa terjadi jika Timnas Indonesia kalah dari Jepang dan Arab Saudi pada dua laga lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, November mendatang. Jika itu terjadi, maka kans Tim Garuda untuk lolos ke Piala Dunia 2026 akan semakin tipis. 

Hingga laga keempat, Timnas Indonesia belum pernah meraih kemenangan. Tim Garuda hanya memetik tiga laga imbang kontra Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2), dan sekali kalah dari China (1-2).

Kondisi itu membuat pasukan Shin Tae-yong mogok di peringkat kelima klasemen sementara Grup C dengan tiga poin. 

“Jika rangkaian pertandingan yang hanya seri dan kalah terus berlanjut, Pak Erick Thohir dan kawan-kawan terpaksa mempertimbangkan rencana memanfaatkan Piala AFF untuk membantu para pemain mendapatkan kembali performa dan kepercayaan diri mereka,” tulis Bongda24h, Senin (21/10/2024). 

“Ingat, sepak bola Indonesia belum pernah menjuarai Piala AFF sejak turnamen ini lahir pada tahun 1996, dengan 6 kali kekalahan di final, antara lain 4 kali melawan Thailand, 1 kali melawan Singapura, dan 1 kali melawan Singapura,” tutur media itu lagi.  

“Dengan bekal pemain naturalisasi berkualitas, PSSI bisa sepenuhnya memasang ambisi mewujudkan cita-cita menjuarai Piala AFF ketimbang hanya memfokuskan segala upaya pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026,” ujarnya. 

Topik Menarik