Australia dan Arab Saudi Pecat Pelatih, Erick Thohir Ingatkan STY Harus Matangkan Taktik Timnas Indonesia

Australia dan Arab Saudi Pecat Pelatih, Erick Thohir Ingatkan STY Harus Matangkan Taktik Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 18:42
share

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mematangkan taktik timnya demi menjaga peluang ke Piala Dunia 2026. 

Panasnya persaingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah memakan korban dua pelatih. Timnas Australia telah memecat pelatih Graham Arnold. Terkini, giliran Roberto Mancini yang harus meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Arab Saudi.

Atas dasar itu, Erick Thohir langsung mengingatkan STY agar selalu mematangkan tim dan taktik di setiap laga. Timnas Indonesia masih menyisakan enam pertandingan di Grup C. 

Teguran Erick Thohir ini merespons munculnya kritik keras publik pada eksperimen STY dalam laga melawan China yang mengakibatkan Tim Garuda mengalami kekalahan perdana di ajang ini. Timnas Indonesia takluk 1-2, 15 Oktober 2024. 

Terdekat, Timnas Indonesia akan melakoni dua laga kandang menjamu Jepang, dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 15 dan 19 November 2024. 

"Saya sudah bertemu dengan coach Shin. Kami serius bicara soal target timnas untuk minimal menempati empat besar di grup,” tuturnya dalam rilis yang diterima iNews.id, Jumat (25/10/2024).  

“Ini menjadi tugas coach untuk mempersiapkan tim dan taktik dengan sebaik-baiknya. Terutama di dua laga kandang melawan Jepang dan Arab Saudi, bulan depan," kata Erick Thohir.

Erick menegaskan, PSSI akan selalu memberikan dukungan dalam memenuhi kebutuhan timnas.  

"Kita harus maksimal secara taktik. Stabilitas yang mulai terbangun mesti dipertahankan sehingga saat main, taktik sudah siap dan matang," ujarnya. 

Sebelumnya publik mengkritik keras STY karena secara berani membongkar pasang skuad timnas di laga melawan China. Sejumlah pemain yang selama ini menjadi kunci permainan, seperti Thom Haye, tidak bermain penuh. 

Eliano Reijnders bahkan dicoret STY dari daftar susunan pemain, meski tampil baik di laga melawan Bahrain. Eksperimen berani STY berbuah mahal dengan kekalahan pertama atas  tim peringkat dasar klasemen, China.

Topik Menarik