Israel Kerahkan Seratusan Pesawat Militer untuk Serang Iran termasuk Jet Tempur F-35

Israel Kerahkan Seratusan Pesawat Militer untuk Serang Iran termasuk Jet Tempur F-35

Berita Utama | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:22
share

TEL AVIV, iNews.id - Israel melakukan serangan udara masif ke Iran, Sabtu (26/10/2024). Serangan itu di antaranya dilakukan menggunakan rudal yang ditembakkan dari jet-jet tempur.

Tidak tanggung-tanggung, Israel mengerahkan lebih dari 100 pesawat militer untuk menggempur Iran, seperti dilaporkan The Jerusalem Post. Di antara pesawat yang dikerahkan adalah jet tempur F-35.

Sebelumnya Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan, serangan hanya mengincar target-target militer Iran, bukan fasilitas nuklir dan minyak. Gempuran itu sebagai pembalasan atas serangan sekitar 200 rudal Iran ke Israel pada 1 Oktober.

Salah satu lokasi yang diserang Israel adalah pangkalan peluncuran rudal balistik.

Namun kantor berita Tasnim, mengutip keterangan beberapa orang sumber, melaporkan sejauh ini tidak ada pusat-pusat militer Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) di Teheran bagian barat dan barat daya terkena serangan Israel.

"Suara-suara yang terdengar itu terkait dengan keterlibatan sistem pertahanan udara militer di tiga tempat di sekitar Teheran," kata sumber tersebut.

Pejabat Iran lainnya mengatakan, sistem pertahanan udaranya menembaki drone Israel. Ini mengindikasikan serangan militer Zionis tak hanya melibatkan pesawat militer.

Dia memastikan sebagian besar serangan yang ditujukan ke Iran bukan berasal dari rudal maupun pesawat militer, melainkan drone. Ini memicu pertanyaan, dari mana drone-drone itu diluncurkan, Israel atau tempat lain? Pasalnya jarak dari Iran ke Israel lebih dari 1.000 km.

Topik Menarik