Puluhan Kiai Muda Pimpinan Pesantren Siap Perjuangkan Paslon 02 di Pilkada Kuningan

Puluhan Kiai Muda Pimpinan Pesantren Siap Perjuangkan Paslon 02 di Pilkada Kuningan

Terkini | kuningan.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:00
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id–Dukungan terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda dan H Kamdan, terus mengalir, Kamis (24/10).

Kali ini, Gawagis Kuningan, yang merupakan kumpulan putra kiai muda dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Kuningan, secara resmi mendeklarasikan dukungannya dalam sebuah acara yang diadakan di Pondok Pesantren Miftahul Mubarok, Garawangi.

Acara deklarasi dihadiri sekitar 80 kiai muda atau gus dari pimpinan pesantren di berbagai kecamatan di Kuningan. Ketua Gawagis Kuningan, Uus Syihabuddin dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa dukungan ini bukan hanya simbolis, melainkan bentuk nyata komitmen untuk memenangkan pasangan Ridho-Kamdan di Pilkada Kuningan.

"Kami, Gawagis Kuningan, awalnya hanya merencanakan mendatangkan 50 anggota dari kiai muda sejumlah pondok pesantren, namun ternyata antusiasme dari gus atau kiai muda sangat besar. Makanya hari ini, ada 80 pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Kuningan hadir untuk menyatakan dukungan penuh kepada pasangan Ridho-Kamdan,”tandasnya.

Ia menjelaskan, bahwa Gawagis Kuningan merupakan kumpulan putra-putra kiai muda yang melanjutkan perjuangan pendidikan di pesantren.

"Kami bukan hanya sekadar mendukung, tetapi juga bergerak secara aktif dan terorganisir. Kami sudah mendata wali santri, alumni pesantren, dan keluarga besar pondok pesantren menggunakan sistem pendataan berbasis Google Drive,”terangnya.

 

Menurut Uus, dari empat pesantren besar yang telah dilakukan pendataan, pihaknya telah berhasil menghimpun dukungan dari 1.250 orang. Ia pun optimis jumlah ini akan terus bertambah, mengingat banyak pesantren yang belum terdata secara menyeluruh. "Dengan jumlah 80 pesantren, kami yakin bisa menghimpun minimal 15 ribu hingga 20 ribu dukungan," katanya.

Deklarasi ini juga menunjukkan bahwa pesantren bukan hanya tempat untuk mendidik santri dalam aspek keagamaan, tetapi juga memiliki peran strategis dalam menentukan arah politik daerah.

"Walaupun para kiai sepuh masih ada, tetapi yang menjalankan roda pesantren, pendidikan, dan pengelolaan warisan keilmuan adalah kita, para pimpinan pondok pesantren muda,”terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan bahwa gerakan Gawagis ini tidak main-main. Mereka sudah melakukan pergerakan intensif selama sepekan terakhir dengan berkeliling ke pesantren-pesantren di Kuningan, untuk mensosialisasikan dukungan dan program pasangan Ridho-Kamdan.

Dengan deklarasi ini, Gawagis Kuningan berkomitmen untuk mengawal pasangan Ridho-Kamdan hingga hari pencoblosan. "Kami akan terus bergerak hingga Ridho-Kamdan terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kuningan. Bismillah, kami siap mengawal sampai sukses,”tutupnya.***

Topik Menarik