Kabar Gembira! Anak Sekolah Dapat Sarapan dan Makan Gratis

Kabar Gembira! Anak Sekolah Dapat Sarapan dan Makan Gratis

Berita Utama | kutai.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 14:15
share

JAKARTA, iNewsKutai.id - Program makan siang gratis bagi anak sekolah akan diperluas. Tidak hanya sekali sehari, siswa juga akan mendapatkan sarapan gratis.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan, makan gratis bagi anak sekolah nantinya akan diberikan pagi dan siang hari.
Program ini nantinya akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

"Jadi ini makan gratis itu akan diberika dua kali sehari, untuk pagi dan siang," ungkap Hashim di Menara Kadin Jakarta, Senin (7/10/2024).

Hashim yang juga adik kandung Presiden Terpilih Prabowo Subianto menjelaskan, kebijakan itu merupakan respons atas data yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan. 

Sebanyak 41 persen siswa tidak sarapan atau makan pagi sebelum berangkat ke sekolah. "Mereka sekolah setiap hari lapar, mereka masuk sekolah dengan perut kosong," ujarnya.

Hal ini kata Hashim akan berdampak pada kualitas belajar siswa. Pemberian sarapan diharapkan membuat konsentrasinya belajar siswa meningkat dan berdampak pada daya tangkap atas materi yang disampaikan guru.

"Kita bisa mengerti ranking pendidikan kita sangat buruk, nomor 1 itu ada Singapura, Finlandia. Indonesia terburuk di dunia," tutur dia.

Buruknya kualitas belajar di sekolah dikhawatirkan berdampak negatif di masa depan terutama dalam menyambut era demografi 10 tahun mendatang. Daya saing SDM terancam kalah atau lambat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri. 

"Ada 18 juta anak masuk sekolah tanpa sarapan setiap hari. Jumlah anak sekolah ada sekitar 48 juta anak, 40 juta anak sekolah, dan 8 juta di pesantren. Kalau mereka sekolah itu kerap lapar, di rumah juga lapar," pungkasnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik