Raffi Ahmad Raih Doktor Honoris Causa, UIPM Angkat Bicara

Raffi Ahmad Raih Doktor Honoris Causa, UIPM Angkat Bicara

Seleb | okezone | Selasa, 1 Oktober 2024 - 13:30
share

JAKARTA - Universitas Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand, merupakan perguruan tinggi yang memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada presenter Raffi Ahmad. Sejumlah netizen melakukan penelusuran untuk mencari tahu tentang gedung asli kampus tersebut.

Menanggapi polemik ini, pihak UIPM memberikan klarifikasi. Mereka menjelaskan bahwa kampus mereka beroperasi secara daring dan tidak memiliki gedung fisik.

Raffi Ahmad Raih Doktor Honoris Causa, UIPM Angkat Bicara

“Keberadaan UIPM dalam menjalankan Pendidikan Tinggi dilakukan melalui format Pendidikan Jarak Jauh, dengan sistem pendidikan 100 daring, virtual campus, atau non real campus yang sudah jelas dipublikasikan di website resmi UIPM,” tulis akun Instagram resmi @uipmun, yang dikutip pada Selasa (1/10/2024).

UIPM juga menyebutkan mereka memiliki lokasi dan alamat di beberapa negara, seperti Rusia, Thailand, Amerika Serikat, dan Indonesia. Di Indonesia, kantor mereka berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

“UIPM dikelola secara global, dengan mahasiswa dan pendidikan yang tersebar di berbagai negara,” lanjut mereka.

Pihak UIPM menegaskan bahwa gelar Doktor Honoris Causa yang diberikan kepada individu berprestasi adalah sah dan diakui oleh lembaga internasional. Mereka juga menekankan bahwa mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran secara daring di mana saja.

“Prosedur pemberian gelar Doktor Honoris Causa dari UIPM kepada individu berprestasi diakui oleh QAHE (Quality Assurance Higher Education) sebagai lembaga akreditasi internasional serta oleh lembaga pendidikan dari Order of Kingdom Prussia,” tambah mereka.

Lebih lanjut, UIPM diakreditasi sebagai lembaga pendidikan tinggi online 100, tanpa kampus fisik, sesuai dengan standar EDEN (European Distance E-Learning Network), yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh dunia.

 

Menghadapi banyaknya tuduhan dari warganet, pihak UIPM menyatakan tidak ragu untuk mengambil langkah hukum terhadap siapa pun yang melakukan fitnah atau pencemaran nama baik terhadap lembaga mereka.

“Apabila ada pihak-pihak yang melakukan fitnah dan pencemaran nama baik melalui media elektronik terhadap Lembaga UIPM UN ECOSOC cabang UIPM Thailand dan alumni UIPM Thailand, kami selaku kuasa hukum lembaga akan mengambil langkah hukum terhadap pihak-pihak tersebut,” ungkap mereka.

Sebelumnya, netizen di media sosial X sempat melakukan penelusuran untuk menemukan gedung kampus yang memberikan gelar Doktor kepada Raffi Ahmad. Mereka mencoba mendatangi alamat kampus UIPM di Thailand dan Bekasi, Indonesia. Namun, mereka terkejut ketika menemukan bahwa alamat di Thailand tersebut bukanlah gedung perguruan tinggi, melainkan sebuah hotel.

Topik Menarik