Viral Baliho Bertuliskan  Ini Batik Malaysia, Bikin Netizen Indonesia Geram

Viral Baliho Bertuliskan Ini Batik Malaysia, Bikin Netizen Indonesia Geram

Terkini | okezone | Selasa, 1 Oktober 2024 - 14:30
share

BARU-baru ini Malaysia kembali ramai diperbincangkan di media sosial, lagi-lagi terkait klaim akan Batik.  

Lewat foto yang dibagikan oleh akun Instagram @lambe_turah menunjukkan foto baliho dengan bertuliskan ‘Ini Batik Malaysia, Jangan Salah Pilih Batik’. Foto tersebut diduga berlokasi di Malaysia.

Baliho tersebut memiliki ukuran besar dengan warna dasar hitam. Di samping tulisan tersebut terdapat gambar patung manekin mengenakan Batik. . 

“Kalem saja semua,” tulis akun tersebut dalam keterangan foto @lambe_turah, Selasa (1/10/2024) yang sudah mendapat lebih dari 37 ribu like tersebut.

Foto:Instagram @lambe_turah

Batik Malaysia sendiri sempat menjadi perbincangan netizen saat kedatangan IShowSpeed ke negara tersebut. Salah satu penggemarnya memberikan Batik dan menyebut batik dari Malaysia.

 

Namun Speed sempat bingung, dan lalu menyebut dalam hasil pencariannya, selama ini yang ia tahu batik berasal dari Indonesia.  

Padahal, UNESCO sendiri telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Namun Malaysia juga mengklaim Batik juga sebagai warisan leluhur mereka.

Foto:Instagram @lambe_turah

Meski demikian, ada perbedaan antara batik Indonesia dan batik Malaysia. Mulai dari sejarah, motif, hingga cara penggunaannya.  Unggahan tersebut pun viral dan mendapat beragam komentar dari netizen yang geram terhadap klaim tersebut.

“Suka banget klaim budaya orang, makanan, Batik, budaya korupsinya gak sekalian?,” tanya @bobby***

“Emang dasarnya gak punya apa-apa jadi asal klaim aja,” komentar @r_hifz***

“Bahkan IShowSpeed pun tidak membuat mereka sadar dan malu,” celetuk @lucky***

“Negara halu,” kata @yoon***5

Topik Menarik