Waspada! Kejahatan Phising Berkedok Film Joker, Bisa Kuras Rekening dan Kartu Kredit

Waspada! Kejahatan Phising Berkedok Film Joker, Bisa Kuras Rekening dan Kartu Kredit

Berita Utama | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 12:20
share

JAKARTA - Waspada aksi phising yang dilancarkan penjahat siber melalui film Joker. Kini para penjahat siber memanfaatkan popularitas film "Joker: Folie à Deux" yang memang tengah menjadi perbincangan di media sosial.

Aksi phishing ini pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan siber asal Rusia, Kaspersky. Di mana dikatakan bahwa para penggemar yang menonton film baru tersebut secara daring berisiko tertipu dan memberikan data sensitif dan uang mereka.

Para penjahat semula akan memberikan penawaran untuk penggemar bisa menonton film Joker secara gratis. Nantinya penggemar akan diberikan website palsu dengn syarat memasukan informasi kartu kredit mereka untuk mendaftar.

Cara lainnya adalah dengan mengeksploitasi film Joker untuk memikat korban ke dalam skema investasi palsu, kuis berhadiah, atau jebakan lainnnya. Penjahat juga membuat situs web phishing yang mengklaim menawarkan akses gratis ke film tersebut.

Saat korban mencoba memutar video, mereka akan diarahkan ke halaman lain, sering kali mempromosikan skema menghasilkan uang dengan cepat dan mudah, menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam hadiah cuma-cuma atau mungkin keuntungan lainnya.

Dalam kasus yang diungkap oleh Kaspersky, pengguna diminta untuk memberikan informasi pribadi sehingga pelaku dapat menghubungi mereka dengan peluang investasi palsu atau detail kartu kredit, misalnya, untuk membayar pengiriman hadiah.

“Menjelang pemutaran perdana, semakin banyak orang mencari berbagai cara untuk mendapatkan akses awal ke film tersebut dan, akibatnya, risiko menjadi korban semacam itu pun meningkat," kata Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky, Senin (7/10/2024).

"Kami sangat menyarankan pengguna untuk memverifikasi dengan cermat tempat mereka memasukkan informasi sensitif dan memasang perangkat lunak antivirus yang andal yang dapat memperingatkan terhadap situs web yang mencurigakan atau berbahaya," lanjutnya.

 

 
Topik Menarik