Toyota Bakal Pasok Mobil Dinas Menteri Kabinet Prabowo? Ini Jawaban TAM

Toyota Bakal Pasok Mobil Dinas Menteri Kabinet Prabowo? Ini Jawaban TAM

Terkini | okezone | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 12:46
share

JAKARTA – Indonesia akan melantik Presiden dan Wakil Presiden baru untuk periode jabatan 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Sehari setelahnya, Presiden Prabowo Subianto akan mengumumkan jajaran menteri yang mengisi kabinetnya.

Di tengah hingar bingar spekulasi siapa saja tokoh yang akan mengisi posisi menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran, ada pertanyaan mengenai mobil dinas yang akan mereka gunakan nantinya. Selama puluhan tahun, Toyota kerap menjadi merek langganan pemasok mobil dinas para menteri kabinet, apakah kali ini juga akan sama.

Terkait hal ini, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Sekretariat Negara (Setneg). Memang, kewenangan pengadaan kendaraan dinas menteri dipegang oleh Setneg.

"Itu mungkin (keputusannya) dari Setneg ya, bagian pengadaan. Jadi kita hanya menunggu saja posisinya. Jadi jika Setneg ada kebutuhan, kita akan provide (menyediakan)," kata Anton kepada wartawan di arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Sebagai informasi, Toyota menjadi pemasok kendaraan dinas menteri pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Mereka menyediakan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid untuk digunakan menteri dan pejabat setingkat periode 2019-2024.

 

Mobil ini terpilih melalui mekanisme tender umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Kala itu, PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenang tender menyediakan 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk para 'pembantu' Jokowi. Total nilai lelang sebesar Rp147.229.317.000.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah meminta para pejabat pemerintahan menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Apabila aturan ini dilanjutkan oleh Prabowo Subianto, maka tak menutup kemungkinan para menteri di kabinetnya akan memakai kendaraan listrik.

Topik Menarik