Kenapa Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Prabowo Diboyong ke Akmil Magelang Usai Dilantik?

Kenapa Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Prabowo Diboyong ke Akmil Magelang Usai Dilantik?

Nasional | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 13:00
share

JAKARTA - Kenapa menteri dan wakil menteri Kabinet Prabowo diboyong ke Akmil Magelang usai dilantik? Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto resmi melantik menteri dan wakilnya untuk memimpin roda pemerintahan selama lima tahun mendatang.

Prosesi pelantikan menteri dan wamen di Kabinet Merah Putih itu dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.

Lantas, apa alasan mantan Danjen Kopassus ini memboyong seluruh menteri dan wakil menteri ke Lembah Tidar Magelang?

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa Presiden Prabowo Subianto akan mengumpulkan para menteri Kabinet Merah Putih di Akademi Militer, Magelang, untuk menyamakan visi dan misinya kepada para menteri kabinet.

"Yang saya tahu tanggal 24 itu ada penyamaan visi yang akan dilakukan di akmil selama 3 hari. Setelah itu mulai bekerja," kata Dasco di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Dasco mengaku tidak mengetahui apa saja yang akan disampaikan oleh Prabowo. Dirinya mengaku tidak akan ikut acara tersebut. "Saya ga tau materinya apa karena gak ikut nyusun materi. Dan saya ga ikut kesana," kata Dasco.

Dasco menyebut bahwa agenda di Akmil salah satunya untuk membuat kabinet Merah Putih untuk kompak dan saling bekerjasama dalam menjalankan program untuk 100 hari kedepan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,  akan ada kegiatan outbond atau bonding, hingga pembekalan di Magelang.

Meski begitu, Agus Gumiwang enggan menjelaskan secara detail agenda para pembekalan yang akan diberikan di Magelang itu. “Sudah diumumkan bahwa akan ada kegiatan outbond atau bonding selanjutnya pembekalan, detailnya saya belum diberi tahu,” katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip Sabtu (19/10).

Sementara itu, Sekjen Partai Golkar, Sarmuji mengira rencana kegiatan pembelakan para menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto usai pelantikan di Magelang, Jawa Tengah, dalam rangka penyamaan visi misi.Sarmuji mengaku tidak mengetahui secara pasti tujuan dari kegiatan di Magelang tersebut. Akan tetapi, ia meyakini ada hal mendasar yang ingin ditekankan Prabowo.

"Barangkali kalau dua hari itu mungkin banyak, pertama ya tetap penyamaan visi dan misi supaya menteri-menteri yang bergerak secara sektoral itu tidak berjalan sendiri-sendiri tapi konvergen menuju dalam satu titik yang sama, yaitu penyamaan visi dan misi presiden," kata Sarmuji, beberapa waktu lalu.

 

Sarmuji menduga, kegiatan pembelakan ini juga menjadi  sarana bagi para menteri untuk saling terkait satu sama lain. Ia melihat, Prabowo membutuhkan soliditas dan kekompakkan diantara para menterinya dalam pemerintahan lima tahun mendatang.

"Untuk memudahkan koordinasi, lebih ada chemistry antara presiden dengan menteri, menteri dengan menteri yang lainnya, bagus aja menurut saya,"pungkasnya.

Sekadar diketahui, lokasi Akademi Militer Kota Magelang, berada diketinggian 400 meter di atas permukaan laut dan beriklim sejuk karena dikelilingi oleh Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sundoro, dan Gunung Tidar.

Akademi Militer menempati tanah seluas 654,4493 ha. Akmil berada di dalam struktur TNI AD yang berperan mencetak taruna dan taruni Akmil menjadi perwira TNI AD.

Topik Menarik