Komentar Kiromal Katibin usai Gagalkan Veddriq Leonardo Raih Medali PON 2024

Komentar Kiromal Katibin usai Gagalkan Veddriq Leonardo Raih Medali PON 2024

Olahraga | inews | Kamis, 12 September 2024 - 11:37
share

BANDA ACEH, iNews.id - Atlet panjat tebing nasional, Kiromal Katibin, merebut medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Mewakili Jawa Tengah, dia meraih emas di nomor speed perorangan putra.

Kiromal meraih medali emas usai di babak final mengalahkan wakil Jawa Timur, Moch Rizky Samudra Dewantara. Dia finis pertama usai mencatatkan waktu 4,83 detik.

Dewantara, yang meraih medali perak, mencatatkan waktu 5,6 detik. Sementara itu, medali perunggu disabet oleh Rian Gordon Sitorus dari Sumatera Utara dengan waktu 4,96 detik.

Tak hanya emas, Kiromal juga memecahkan rekor PON dengan catatan waktu 4,81 detik. Angka tersebut dia pecahkan saat menjalani babak semifinal.

Selain itu, Kiromal juga mendapat banyak sorotan karena berhasil mengalahkan Veddriq Leonardo, sang peraih medali emas Olimpiade Paris 2024. Kemenangan tersebut diraih Kiromal di perempat final.

"Soal mengalahkan Veddriq, di kategori speed memang tidak ada yang pasti, jadi kami harus benar-benar fokus," ucap Kiromal di laman resmi PON XXI wilayah Aceh, dikutip Kamis (12/9/2024).

Selain emas di speed perorangan putra, Kiromal juga meraih medali perak di nomor speed relay putra. Pada nomor relay tersebut, dia juga mengungguli Veddriq yang hanya meraih perunggu bersama tim Kalimantan Barat.

Tahun ini merupakan kedua kalinya Kiromal mengikuti PON. Sebelumnya, pada PON XX Papua 2021, dia meraih medali perunggu untuk kategori perorangan putra dan emas dalam kategori speed relay.

Topik Menarik