Media Top AS Puji Timnas Indonesia saat Lawan Bahrain: Bukti Garuda Bisa Bersaing dengan Tim Kuat Asia

Media Top AS Puji Timnas Indonesia saat Lawan Bahrain: Bukti Garuda Bisa Bersaing dengan Tim Kuat Asia

Olahraga | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 09:01
share

BRISTOL, iNews.id- Media top asal Amerika Serikat, ESPN memuji penampilan Timnas Indonesia yang nyaris mengalahkan Bahrain dalam lanjutan Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Media tersebut menilai Skuad Garuda membuktikan bisa bersaing dengan tim-tim kuat di benua Asia.

Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama tim-tim kuat seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Tim arahan Shin Tae-yong itu berstatus sebagai tim kuda hitam di grup tersebut. 

Namun, siapa sangka sejauh ini Skuad Garuda menjalani  kiprahnya dengan sangat baik. Tim arahan Shin Tae-yong itu mampu mengoleksi tiga poin dan belum kalah.

Terbaru, Indonesia diimbangi Bahrain di Bahrain National Stadium pada Kamis (10/10/2024). Skuad Garuda nyaris meraih poin penuh sebelum akhirnya kecolongan di injury time yang membuat skor menjadi imbang 2-2. 

Kiprah Timnas Indonesia yang belum terkalahkan di tiga awal ini menarik perhatian ESPN. Media Amerika Serikat ini menyatakan kalau Skuad Garuda telah membuktikan diri layak bersaing di level Asia.

“Berlaga di babak ketiga kualifikasi Asia untuk Piala Dunia pertama kalinya, Indonesia telah membuktikan bahwa mereka bisa bersaing dengan tim-tim terbaik di benua ini,” tulis ESPN dalam artikelnya, dikutip Sabtu (12/10/2024).

“Sebulan yang lalu, mereka memulai kampanye dengan dua pertandingan berturut-turut melawan dua kekuatan besar Asia, yakni Arab Saudi dan Australia yang keduanya tampil di Piala Dunia terakhir, dan berhasil meraih dua hasil imbang yang patut diapresiasi,” lanjutnya.

“Pada hari Kamis, penampilan inspiratif mereka berlanjut saat mereka bermain imbang 2-2 dengan Bahrain, yang saat ini berada 53 peringkat di atas peringkat dunia FIFA Indonesia yang berada di posisi 129,” terang ESPN.

Timnas Indonesia saat ini masih memburu kemenangan perdananya di Grup C, yang sekaligus akan mencatat sejarah. Mengingat, ini kali pertamanya Skuad Garuda beraksi di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Terdekat, Skuad Garuda akan menghadapi China di Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa (15/10/2024) mendatang. Timnas Indonesia memiliki peluang terbuka untuk bisa mencuri kemenangan di laga tandangnya itu. Apalagi, tuan rumah sedang dalam tren negatif.

Jika mampu meraih poin penuh, maka Timnas Indonesia bisa menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2026. Saat ini, Skuad Garuda berada di posisi lima dengan tiga poin. Hanya terpaut satu angka saja dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang berada di peringkat dua sampai empat. Jepang merajai klasemen dengan sembilan poin, sementara China di posisi buncit dengan nol poin.

Topik Menarik