Menpora: Semua Pemain Timnas Indonesia Tak Punya Paspor Ganda!

Menpora: Semua Pemain Timnas Indonesia Tak Punya Paspor Ganda!

Olahraga | inews | Selasa, 17 September 2024 - 17:19
share

JAKARTA, iNews.id- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo menegaskan semua pemain Timnas Indonesia tidak berpaspor ganda. Semua pemain Timnas Indonesia hanya punya paspor Indonesia.

Belakangan ini berhembus kabar sebagian pemain Timnas Indonesia yang merupakan keturunan memiliki paspor ganda. Para pemain itu disebut-sebut akan kembali ke negara awalnya ketika sudah selesai membela Timnas Indonesia.

Isu ini berhembus ketika mantan duta besar Indonesia untuk Polandia, Peter Gontha berbicara soal dugaan paspor ganda itu. Namun, hal ini sudah dibantah oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Kini, Menpora Dito memberikan penegasan soal paspor para pemain keturunan itu. Dito menegaskan, tidak ada pemain Timnas Indonesia termasuk yang merupakan keturunan memiliki paspor ganda.

“Ya ini sudah dipastikan semuanya (pemain keturunan) memegang paspor Indonesia, dan sudah tidak memegang paspor lama,” kata Dito kepada awak media di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Di sisi lain, saat ini Dito sedang mengawal proses naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Proses naturalisasi dua pemain itu sudah disetujui oleh Komisi III dan Komisi X DPR RI.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada Komisi III DPR RI yang telah menyetujui proses kewarganegaraan kepada dua calon pemain timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders,” kata Dito dikutip dari laman resmi PSSI.

Setelah itu, Mees dan Eliano akan menjalani proses selanjutnya yakni menunggu Surat Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah sebagai WNI. Proses naturalisasi kedua pemain itu ditargetkan selesai pada Oktober.

Topik Menarik