Timnas Arab Saudi, Resmi Pecat Roberto Mancini

Timnas Arab Saudi, Resmi Pecat Roberto Mancini

Olahraga | sidoarjo.inews.id | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 11:10
share

OLAHRAGA, iNewsSidoarjo.id-Roberto Mancini resmi dipecat Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) dari kursi pelatihTimnas Arab Saudi. Kabar itu disampaikan SAFF di akun X resmi Timnas Arab Saudi, @SaudiNT.

“Dewan Direksi Federasi Sepakbola Arab Saudi dan Roberto Mancini mencapai kesepakatan bersama hari ini, yang mana mencakupnya berakhirnya hubungan kerjasama,” tulis akun X @SaudiNT. Seperti dikutip iNewsSidoarjo dari okezone.com, Jumat, (25/10/2024).

Menyusul dipecatnya Mancio -sapaan akrab Roberto Mancini- dari kursi pelatih Timnas Arab Saudi tidaklah mengejutkan. Sebab, rumor pemecatan sudah berembus sejak beberapa minggu terakhir, efek serangkaian hasil buruk yang dialami Green Falcons -julukan Timnas Arab Saudi.

Sebelumnya Roberto Mancini ditunjuk sebagai pelatih Timnas Arab Saudi pada Agustus 2023. Selama ditangani Roberto Mancini, Timnas Arab Saudi hanya mendapatkan tujuh menang, lima imbang dan enam kalah dari 18 pertandingan. Alhasil, Timnas Arab Saudi rontok di 16 besar Piala Asia 2023 serta lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia cuma sebagai runner-up Grup G.

Di babak ketiga, hasil yang didapat Timnas Arab Saudi jauh lebih buruk lagi. Dari lima pertandingan Grup C, Salem Al-Dawsari dan kawan-kawan hanya mengemas satu menang, dua imbang imbang dan satu kalah di empat laga awal.

 Ironisnya dalam tiga laga kandang awal, Arab Saudi gagal meraih kemenangan, termasuk ditahan Timnas Indonesia 1-1. Pencapaian di atas tidak sebanding dengan gaji besar yang diterima Roberto Mancini, yang mana diperkirakan mencapai USD27 juta atau setara Rp432 miliar per tahun. Lantas, siapa pelatih Timnas Arab Saudiselanjutnya? Nama-nama seperti Ramon Diaz (Corinthians), Zinedine Zidane (tanpa klub) dan Herve Renard (tanpa klub) sempat muncul ke permukaan.

Namun, kabar terbaru mantan pelatih Timnas Brasil, Tite, mendekat dan menjadi calon terkuat menjadi pelatih Timnas Arab Saudi selanjutnya.

Topik Menarik