Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi 2 Oktober 2024, Berikut Ini Wilayah yang Dilalui

Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi 2 Oktober 2024, Berikut Ini Wilayah yang Dilalui

Berita Utama | pemalang.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 03:45
share

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan, Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada Rabu, 2 Oktober 2024. Fenomena gerhana ini akan melalui sebagian wilayah di belahan Bumi dan dapat dilihat di sejumlah negara. 

Sebagai informasi, Gerhana Matahari Cincin adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. 

Fenomena ini terjadi akibat dinamisnya pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan yang terjadi pada saat fase bulan baru. Sehingga saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, terlihat gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Dikutip dari keterangan BRIN, Selasa (1/10/2024), fenomena Gerhana Matahari Cincin ini tidak melintas di wilayah Indonesia, sehingga tidak dapat disaksikan. 

"Ada juga fenomena gerhana di tahun 2024, tetapi sayangnya tidak melintas di wilayah Indonesia," jelas BRIN dalam keterangannya.

Gerhana Matahari Cincin akan melintasi beberapa wilayah, di antaranya sebagian wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Antartika. 

Mengutip Science NASA, berikut adalah wilayah yang dilalui Gerhana Matahari Cincin, di antaranya: Argentina, Chili, Samoa Amerika, Antartika, Argentina, Pulau Baker (Kepulauan Kecil Terluar AS), Brasil, Chili, Pulau Christmas, Pulau Clipperton, Kepulauan Cook, Kepulauan Falkland, Fiji, Polinesia Prancis, Hawaii, Meksiko, Selandia Baru, Niue, Atol Palmyra (Kepulauan Kecil Terluar AS), Paraguay, Kepulauan Pitcairn, Samoa, Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich Selatan, Tokelau, Tonga, Tuvalu, Uruguay, Wallis dan Futuna.

Topik Menarik