Tarik Minat Masyarakat, KA Ranggajati Kelas Bisnis Bakal Menjadi Kereta Ekonomi New Generation

Tarik Minat Masyarakat, KA Ranggajati Kelas Bisnis Bakal Menjadi Kereta Ekonomi New Generation

Ekonomi | probolinggo.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 20:10
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sebagai wujud l inovasi terbaru, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, bakal memodifikasi Kereta Api kelas bisnis Ranggajati, relasi Jember - Cirebon, menjad8 Kereta Ekonomi New Generation.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro menjelaskan, pergantian tersebut merupakan hasil modifikasi dari Balai Yasa Manggarai, atau tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan.

"Nanti launchingnya pada tanggal 2 November 2024, dan formasi rangkaiannya masih sama, hanya saja untuk kereta yang kelas bisnis diganti dengan kereta ekonomi new generation,” terangnya, pada Senin (28/10/2024).

Dari Perubahan tersebut, tentu juga berdampak pada kapasitas tempat duduk penumpangnya. Jika Sebelumnya KA Ranggajati membawa 5 kereta kelas eksekutif, 4 kereta kelas bisnis, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit dengan total kapasitas sebanyak 506 tempat duduk.

"Jadi nanti mulai 2 November 2024, untuk kereta kelas bisnis diganti dengan kereta ekonomi new generatiion sehingga kapasitasnya bertambah menjadi 538 tempat duduk," ungkapnya.

Namun, dari hasil modifikasi tersebut, tentunya harga tiket perjalanannya juga berubah. Sebelumnya harga tiket Ranggajati kelas bisnis ini seharga 380 hingga 400 ribu, untuk satu kali perjalanan, kini di kereta ekonomi new generation ini, harga tiketnya menjadi 450 ribu, untuk perjalaban dari Jember menuju Cirebon.

"Kelebihan dari kereta ekonomi new generation yang akan digunakan ini, diantaranya tempat duduk menggunakan tipe captain seat (penumpang kiri dan kanan terpisah) dengan konfigurasi 2-2, sudut kemiringan sandaran yang bisa diatur, dan arah kursi dapat disesuaikan dengan arah laju kereta api, atau revolving," imbuhnya.

Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. 

“Untuk di Daop 9 Jember sendiri, selain akan digunakan pada KA Ranggajati, kereta ekonomi new generation hasil modifikasi dari Balai Yasa Manggarai juga telah digunakan pada rangkaian KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang – Pasar Senen Jakarta,” ungkapnya

Pemesanan tiket KA Ranggajati bisa dilakukan 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan channel resmi yang bekerjasama dengan KAI. 

“Perubahan ini adalah wujud komitmen KAI untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan sesuai dengan harapan para pelanggan. Hadirnya fasilitas baru ini diharapkan juga dapat menambah minat masyarakat untuk menjadikan kereta api sebagai sarana transportasi pilihan saat bepergian,”tandasnya.

Topik Menarik