Fadli Zon Kandidat Kuat Menteri Kebudayaan, Lulusan FIB UI

Fadli Zon Kandidat Kuat Menteri Kebudayaan, Lulusan FIB UI

Terkini | sindonews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 12:22
share

Fadli Zon santer diisukan menjadi kandidat kuat menteri kebudayaan di kabinet Prabowo-Gibran. Artikel kali ini akan mengulas profil pendidikannya.

Fadli Zon menyambangi rumah kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024). Sama dengan para tokoh lainnya, Fadli Zon datang mengenakan batik.

Baca juga: Prabowo Panggil Calon Menteri, Natalius Pigai hingga Fadli Zon Tiba di Kertanegara

Kepada awak media, Fadli Zon tidak secara gamblang mengungkapkan ia akan menjadi menteri apa di kabinet pemerintahan baru era Prabowo-Gibran tersebut.

Namun ia sedikit memberi bocoran mengenai jabatan yang akan diembannya itu terkait juga dengan passionnya. Untuk lebih jelasnya, sambil tersenyum ia menuturkan, kepastian jabatannya akan diumumkan pada saat pelantikan 20 Oktober 2024 nanti.

Baca juga:4 Fakta Stella Christie Profesor Cognitive Science, Diisukan Jadi Menteri Prabowo

"Saya diminta oleh beliau untuk membantu nanti kita lihat tanggal 20, tentu yang terkait juga dengan apa yang selama ini saya kakukan dan saya punya passion gitu," ujarnya.

"Passion saya dari dulu mengurusi berbagai macam heritage. kita lihat nanti," ucap Fadli Zon, Senin (14/10/2024).

Baca juga: Riwayat Pendidikan Haikal Hassan yang Juga Dipanggil Prabowo untuk Gabung di Pemerintahan Baru

Sosok Budayawan di Tengah Kesibukan Jadi Politikus

Fadli Zon adalah politikus yang saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI. Sudah lama pula ia dikenal sebagai seorang budawayan. Ia juga seorang kolektor bersejarah.

Tokoh kelahiran 1 Juni 1971 itu menyimpan berbagai benda bersejarah di perpustakaan sekaligus museum pribadinya. Dikutip dari berbagai sumber, Fadli membangun tiga perpustakaan di lokasi berbeda.

Baca juga: Cerita Ni Luh Puspa, Presenter TV yang Masuk Bursa Wamen

Yakni Fadli Zon Library di Bendungan Hilir (Jakarta Pusat), Rumah Budaya Fadli Zon di Bukittinggi (Sumatera Barat), serta Rumah Kreatif Fadli Zon di Depok (Jawa Barat).

Koleksi buku yang ia simpan berjumlah sekitar 50.000 lebih, koleksi naskah kuno, prangko, piringan hitam, keris dan koleksi koran tempo dulu.

Beberapa koleksi lainnya adalah koleksi keris, tombak, pedang dan badik dari berbagai kerajaan Nusantara, koleksi perangko, koleksi uang logam (coin), koleksi patung dan lukisan dari berbagai maestro seniman Indonesia.

Ia juga mengoleksi piringan hitam (long play) dari musisi/ penyanyi Indonesia, koleksi rokok yang di produksi di Indonesia, koleksi tekstil/ kain tua dari berbagai daerah, koleksi kacamata dari beberapa tokoh.

Riwayat Pendidikan Fadli Zon

Dikutip dari laman Partai Gerindra, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Cibereum 3 Bogor, Jawa Barat. Lalu ia melanjutkan sekolah ke SMP Fajar Jakarta Timur lalu ke SMA Negeri 31, Jakarta Timur.

Semasa berseragam putih abu-abu, ia aktif sebagai Ketua Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 31 dan juga sebagai Sekretaris Bidang Iptek OSIS SMA Negeri 31.

Fadli juga sekolah di Amerika Serikat tepatnya di Harlandale High School, Texas. Ia pernah membagikan momen wisudanya itu di media sosialnya dimana ia lulus dengan predikat Summa Cum Laude dan GPA (nilai kelulusan) 4.0.

Ketua Umum Iluni FIB UI 2010-2013 itu melanjutkan pendidikan tingginya ke Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) jurusan Sastra Rusia.

Ketika menjadi mahasiswa yang dikenal dengan almamater kuningnya itu, Fadli menjabat sebagai Sekretaris Umum Senat Mahasiswa FSUI dan juga Juru Bicara Komite Solidaritas Mahasiswa UI untuk Bosnia Senat Mahasiswa UI.

Ia lalu melanjutkan pendidikan untuk mengambil gelar Master of Science (MSc) Development Studies dari The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris pada 2003.

Mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini lantas meraih gelar S3 Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia pada 2016.

Demikian riwayat pendidikan Fadli Zon yang dikabarkan akan menjadi Menteri Kebudayaan di kabinet Prabowo-Gibran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.

Topik Menarik