4 Kontroversi Tinju Gegerkan 2024, Artur Beterbiev vs Dmitry Bivol Terbaru

4 Kontroversi Tinju Gegerkan 2024, Artur Beterbiev vs Dmitry Bivol Terbaru

Olahraga | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 14:00
share

Ada 4 kontroversi tinju yang menggegerkan selama tahun 2024, pertarungan Artur Beterbiev vs Dmitry Bivol menjadi kasus terbaru. Artur Beterbiev vs Dmitry Bivol menjadi kasus terbaru keputusan kontroversial tinju dalam 1 tahun terakhir.

Upaya untuk menjadi tak terbantahkan dalam olahraga tinju seperti tinju sama saja dengan mencari kehebatan. Itulah yang ada di benak Artur Beterbiev dan Dmitry Bivol saat mereka berhadapan pada Sabtu lalu. Artur Beterbiev dan Dmitry Bivol membutuhkan pertarungan tersebut untuk mengukuhkan warisan mereka di kelas berat ringan dan masing-masing petarung yang tak terkalahkan bertarung untuk mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka.

Pertarungan yang banyak orang harapkan akan berlangsung sengit ini lebih bersifat teknis, dengan Beterbiev meraih kemenangan angka mutlak yang diperdebatkan. Baik Beterbiev maupun Bivol bergantian mengendalikan berbagai momen dalam kejuaraan 12 ronde ini, namun tidak ada yang berhasil unggul. Terdapat beberapa ronde yang sangat tipis yang terus diperdebatkan oleh para penggemar tinju.

Baca Juga: Bakhram Murtazaliev Berulang Kali Jatuhkan dan Hancurkan tim Tszyu, Pertahankan Sabuk IBF

Perdebatan yang terjadi adalah tentang siapa yang memenangkan ronde terakhir, dan sementara banyak yang meyakini bahwa Bivol melakukan serangan yang cukup untuk mencuri kemenangan mutlak, para juri berpendapat sebaliknya. Selain itu, yang lain merasa Beterbiev berhasil memenangkan kontes ini melalui penampilan dominan di ronde-ronde kejuaraan.

Kubu Bivol menyayangkan kekalahan melalui keputusan juri, dan menyerukan agar laga ulang segera digelar. Namun tanpa adanya klausul pertandingan ulang dalam kontrak pertandingan, siapa yang tahu apakah kubu Beterbiev akan menerima kemungkinan pertarungan kedua melawan rival terberatnya itu.Hanya waktu yang akan menjawabnya. Kontroversi seputar pertarungan ini mengingatkan kita pada pertarungan-pertarungan lain yang mengalami nasib serupa tahun ini:

1. O'Shaquie Foster vs Robson Conceicao

Tanggal 6 Juli 2024Lokasi: Prudential Center, Newark, New JerseyRekor pada saat itu: Foster 22-2 (12), Conceicao 18-2-1 (9)Yang dipertaruhkan: Gelar juara kelas ringan junior WBCHasil: Conceicao Menang Split Decicion 12 Ronde (116-112, 112-116, 115-113)

Pemegang sabuk WBC saat itu, Foster terlihat akan mempertahankannya, namun juri Anthony Lundy dan Paul Wallace memiliki rencana lain. Bagi beberapa pengamat, Foster memenangkan 11 dari 12 ronde, namun para juri memiliki pandangan yang berbeda.

Foster yang kecewa, yang hampir menangis setelah pengumuman kekalahan split decision, menyerukan pertandingan ulang segera setelah menggambarkan keputusan tersebut sebagai sesuatu yang dicuri. Bulan depan, Foster akan memiliki kesempatan untuk merebut kembali gelarnya melawan Conceicao yang bertekad untuk membuktikan bahwa para peragu itu salah.

2. Vergil Ortiz Jnr vs Serhii Bohachuk

Tanggal 10 Agustus 2024Lokasi: Mandalay Bay Resort and Casino, Las Vegas, NevadaRekor pada saat itu: Ortiz 21-0 (21), Bohachuk 24-1 (23)Yang dipertaruhkan: Gelar kelas menengah junior interim WBCHasil: Ortiz MD12 (113-113, 114-112, 114-112)

Vergil Ortiz Jnr bertahan dari dua knockdown pada ronde pertama dan kedelapan untuk mencetak kemenangan angka mutlak atas Serhii Bohachuk. Kontes yang berlangsung ketat ini membuat Ortiz yang berasal dari Texas harus berusaha lebih keras pada tiga ronde terakhir untuk meraih kemenangan yang menentukan.

Ini adalah pertama kalinya Ortiz bertanding sejak menjadi atlet profesional delapan tahun yang lalu. Biasanya, Ortiz meraih kemenangan melalui penghentian atas lawan-lawannya... lalu datanglah Bohachuk dari Ukraina.

Petinju Ukraina ini memastikan bahwa ia menerima serangan keras dari Ortiz dengan penuh kebanggaan, dan membalas dengan cara yang sama untuk melampaui ekspektasi.

Bohachuk merasa agresivitasnya seharusnya dihadiahi kemenangan yang menentukan dan mengeluhkan penilaian juri yang memberikan kemenangan kontroversial bagi Ortiz.

Baca Juga: Adam Azim Pukul KO Ohara Davies, Perpanjang Rekor Menang 12-0

3. Tyson Fury vs Oleksandr UsykTanggal 18 Mei 2024Lokasi: Kingdom Arena, Riyadh, Arab SaudiRekor pada saat itu: Fury 34-0-1 (24 KO)Yang dipertaruhkan: Gelar juara dunia kelas berat yang tak terbantahkanHasil: Usyk Menang Split Decision (114-113, 113-114, 115-112)

Tyson Fury dan Oleksandr Usyk bertemu untuk memperebutkan gelar juara dunia kelas berat yang tak terbantahkan. Pertarungan ini berlangsung dengan begitu banyak ronde yang sengit, dengan kedua petarung membuka laga dengan cara yang sangat menarik.

Sementara Usyk memberikan tekanan dan mendaratkan pukulan keras, Fury memanfaatkan jabnya untuk menjaga jarak dengan lawan asal Ukraina itu. Fury mengambil alih pertarungan pada ronde keempat, mendominasi jalannya laga dan terlihat melukai Usyk pada ronde keenam.Namun, Usyk kembali lebih kuat pada ronde-ronde terakhir, meningkatkan tekanan dan mencatatkan sebuah knockdown resmi pada ronde kesembilan. Fury mampu bertahan, namun para juri memberi Usyk kemenangan terbelah, split decision...

Fury menyatakan ketidakpuasannya atas keputusan tersebut, bahkan mengaitkan kemenangan Usyk dengan kondisi Ukraina yang sedang berperang. Petinju asal Inggris ini tidak banyak bicara saat ia mengisyaratkan bahwa ia telah memenangkan pertarungan. Pada tanggal 21 Desember, Fury akan memiliki kesempatan untuk membalas kekalahannya saat ia dan Usyk akan bertarung dalam laga ulang yang sangat ditunggu-tunggu.

Topik Menarik