5 Perwira Tinggi Bersiap Tinggalkan TNI Usai Dimutasi Jenderal Agus Subiyanto

5 Perwira Tinggi Bersiap Tinggalkan TNI Usai Dimutasi Jenderal Agus Subiyanto

Nasional | sindonews | Senin, 28 Oktober 2024 - 14:13
share

Lima Perwira TInggi TNI bersiap pensiun setelah mutasi TNI di akhir Oktober 2024. Mereka terdiri dari tiga Perwira Tinggi (Pati) Angkatan Darat, dua satu Pati Angkatan Laut, dan Satu Pati Angkatan Udara.

Mutasi TNI ini didasarkan pada Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1264/X/2024 tanggal 18 Oktober 2024. Meski begitu, mutasi tersebut baru diumumkan ke publik pada 20 Oktober 2024 oleh Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto.

Dalam SK tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memutasi 63 perwira yang terdiri dari 35 perwira TNI AD, 15 perwira TNI AL, dan 13 perwira TNI AU. Dari total 63 Pati yang terkena mutasi, lima di antaranya akan bersiap meninggalkan TNI. Siapa saja mereka?

Baca juga: 9 Kolonel Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2024, Ini Nama-namanya

5 Perwira TNI Bersiap Tinggalkan TNI Setelah Dimutasi

1. Mayjen TNI Suparlan Purwo Utomo

Mayjen TNI Suparlan Purwo Utomo termasuk yang masuk dalam daftar mutasi TNI pada Oktober 2024. Tentara kelahiran 1966 itu dipindahtugaskan menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sejumlah jabatan penting pernah diemban Perwira Tinggi (Pati) berpangkat terakhir jenderal bintang 2 ini. Antara lain, Pabanjiandok Sdirjian Kodiklatad, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad, dan Danpuslatpur Kodiklatad. Jabatan terakhir lulusan Akmil 1990 ini adalah Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Jahpers.

2. Brigjen TNI Waston Purba

Selanjutnya ada Brigjen TNI Waston Purba. Sama seperti Mayjen TNI Suparlan Purwo Utomo, Waston juga dirotasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Waston Purba merupakan teman satu angkatan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, yakni lulusan Akmil 1991. Ia pecah bintang atau meraih pangkat Brigjen TNI pada September 2024 ketika dipromosikan sebagai Pa Sahli Tk. II Ekku Sahli Bid. Ekkudag Panglima TNI.

3. Brigjen TNI Haris Kurniatama

Perwira TNI yang bersiap pensiun dari Angkatan Darat selanjutnya adalah Brigjen TNI Haris Kurniatama. Sama dengan Brigjen TNI Waston Purba, dirinya juga baru pecah bintang pada September 2024 lalu.

Kala itu dirinya mendapat promosi menjadi Pa Sahli Tk. II Kamkonf Komunal Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI. Kini Haris Kurniatama telah dipindahkan menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

4. Laksma TNI Mohamad Iskandar

Dari Angkatan Laut, ada Laksamana Pertama TNI Mohamad Iskandar. Sebelum dimutasi ke Pati Mabes TNI AL, dirinya menjabat sebagai Irben Inspektorat Jenderal TNI AL.

Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 itu juga tercatat pernah menduduki posisi Pakoorwas Inspektorat Jenderal TNI-AL, Pamen Sahli Perbendaharaan Sahli KSAL Bid. Ekojemen, dan Paban IV Bek Slogal Mabesal.

5. Marsda TNI Eding Sungkana

Perwira TNI terakhir yang akan meninggalkan TNI adalah Marsekal Muda TNI Eding Sungkana. Danseskoau dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AU.

Dalam riwayat jabatannya, lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989 ini pernah menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bidang Hubint Panglima TNI dan Wadankodiklatau tahun 2022, Waasops Kasau di 2020, serta Komandan Lanud Atang Sendjaja di tahun 2019.

Itulah sejumlah Perwira TNI yang bersiap untuk meninggalkan TNI setelah mutasi akhir Oktober 2024. Kinerja mereka tentu patut diapresiasi, mengingat mereka semua telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya selama puluhan tahun di militer.

Topik Menarik