Cabup Magelang Grengseng Pamuji Siap Beri Ruang Ekspresi Seni dan Budaya

Cabup Magelang Grengseng Pamuji Siap Beri Ruang Ekspresi Seni dan Budaya

Terkini | sleman.inews.id | Rabu, 23 Oktober 2024 - 20:10
share

MAGELANG, iNewssleman.id - Calon Bupati Magelang nomor urut 2, Grengseng Pamuji mengaku bangga dengan gelar budaya Wira Bawana yang dilaksanakan Karang Taruna Desa Banjarnegoro. Grengseng siap memberikan ruang bagi pelestarian seni dan budaya yang ada di Kabupaten Magelang. 

“Budaya yang ada di masyarakat harus dipertahankan di tengah gempuran budaya asing agar kebudayaan ini tetap lestari dan mampu mengantarkan kehidupan yang semakin baik," kata Grengseng, Rabu (23/10/2024).   

Menurut dia, kebudayaan tidak hanya terbatas pada seni pertunjukan saja. Banyak cabang budaya yang bisa dikembangkan, mulai dari karakter, pranata sosial, serta adat tradisi yang perlu di lestarikan.

"Budaya harus dikembangkan agar lebih baik. Perlu ada ruang ruang serta wadah bagi pelaku seni budaya sehingga mereka bisa mengekspresikan seni tersebut," katanya. 

Salah satu panitia Gepeng Nugroho mengatakan, gelar budaya Wira Bawana ini merupakan acara seni budaya yang dilaksanakan oleh karang taruna sebagai ruang apresiasi seni budaya di Desa Banjarnegoro. Acara ini sudah rutin dilaksanakan dan mereka konsisten mempertahankan. 

“Anak-anak atau remaja di sini bisa terus berkarya,” ujarnya. 

 

Pada gelar budaya ini, ada sekitar 10 kesenian rakyat dari beberapa dusun di Desa Banjarnegoro yang akan tampil. Kegiatan ini diharapkan bisa memicu semua masyarakat berproses produktif, produksi, serta kreatif di bidang seni budaya. 

Sesepuh masyarakat, Anif Setiawan mengaku bangga dan senang karena remaja-remaja di Desa Banjarnegoro bisa kreatif. Even ini cukup meriah dan bisa menjadi upaya pelestarian budaya yang adiluhung. Sebagai masyarakat pastinya memiliki kewajiban untuk melestarikan budaya warisan leluhur karena terbukti dapat mengantarkan pada kehidupan yang guyub rukun.

"Kami ingin bisa terus berkarya dalam seni budaya," imbuhnya.

Topik Menarik