Satgas Ops Damai Cartenz-2024 Tangkap DPO KKB Mairon Tabuni di Bandara Ilaga

Satgas Ops Damai Cartenz-2024 Tangkap DPO KKB Mairon Tabuni di Bandara Ilaga

Terkini | sorongraya.inews.id | Selasa, 22 Oktober 2024 - 21:00
share

 

Mimika, iNewsSorong.id – Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap buronan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Puncak, Mairon Tabuni alias Solikin, di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, pada Senin (21/10/2024), pukul 09.05 WIT. Penangkapan ini terkait keterlibatan Mairon Tabuni dalam aksi penyerangan dan penembakan terhadap seorang warga sipil di Ilaga.

Dari catatan Kepolisian, Mairon Tabuni terlibat dalam kasus penyerangan terhadap Sudirman, seorang pedagang kios di Ilaga, pada 23 Mei 2024. Serangan brutal itu menyebabkan korban mengalami luka tembak serius di bagian kaki kanan dan kiri. Kasus ini kemudian dilaporkan ke pihak kepolisian melalui LP/B/6/V/2024/SPKT/Polres Puncak dan DPO/11/VI/Res.1.7/2024/Reskrim.


Satgas Ops Damai Cartenz 2024 berhasil menangkap seorang DPO, anggota KKB Marion Tabuni di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak. (FOTO : IST)

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani, membenarkan penangkapan tersebut. “Kami berhasil mengamankan DPO KKB Puncak, Mairon Tabuni alias Solikin, yang terlibat dalam aksi penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil di Kabupaten Puncak,” kata Brigjen Faizal.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr. Bayu Suseno, menambahkan bahwa Mairon Tabuni merupakan anggota KKB Kepala Air di bawah pimpinan Papuanus alias Jeki Murib. Saat ini, Tabuni telah dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Mimika untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Satgas Ops Damai Cartenz-2024 akan terus bekerja keras untuk menegakkan hukum dan menciptakan situasi yang aman dan damai di Papua,” ujar Kombes Bayu.

Penangkapan ini menjadi langkah signifikan dalam upaya pemberantasan KKB di wilayah Papua, di mana kelompok bersenjata tersebut kerap menimbulkan keresahan dan kekerasan terhadap masyarakat sipil.

Topik Menarik