Gelar Rakerwil, PKS Jatim Kokohkan Kolaborasi Membangun Jawa Timur

Gelar Rakerwil, PKS Jatim Kokohkan Kolaborasi Membangun Jawa Timur

Terkini | surabaya.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 20:50
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur sukses menyelenggarakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) 2024 dengan tema besar "Kolaborasi Membangun Jawa Timur". 

Acara yang berlangsung di Surabaya ini menjadi momentum penting bagi PKS untuk memperkuat strategi dan komitmen dalam membangun Jawa Timur yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan.

Ketua DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan, dalam sambutannya menegaskan bahwa Rakerwil ini bukan hanya tentang perencanaan program kerja partai, tetapi juga sebagai langkah konkret untuk menguatkan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya. 

"Jawa Timur memiliki potensi luar biasa. Untuk menggerakkan potensi itu, kita perlu bekerja sama, saling mendukung, dan menyatukan langkah dalam membangun provinsi ini secara inklusif dan berkelanjutan," ujar pria yang akrab disapa Kang Irwan itu, Minggu (20/10/2024).

Selama Rakerwil, berbagai program strategis dibahas, baik penguatan organisasi maupun pelayanan untuk masyarakat. Untuk penguatan organisasi terkait dengan penguatan struktur hingga Ranting,  penambahan jumlah anggota partai, pembinaan anggota partai serta peningkatan peran para anggota dewan dari PKS. 

Sedangkan untuk pelayanan dan pembelaan rakyat dibahas mulai dari mengawal penguatan ekonomi, pendidikan berkualitas, kesehatan, hingga pemberdayaan perempuan dan milenial.  

Program-program tersebut dirancang agar sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan visi pembangunan Jawa Timur dalam beberapa tahun mendatang.

Irwan Setiawan juga menekankan bahwa PKS Jatim akan terus mengedepankan politik kolaborasi yang berorientasi pada solusi. 

“Di PKS, kami selalu percaya bahwa kolaborasi adalah kunci untuk menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat. Tidak hanya kolaborasi antara partai politik, tetapi juga dengan masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan berbagai elemen lainnya," tutur alumnus FISIP Unair tersebut.

Dengan semangat kolaborasi ini, PKS Jawa Timur siap memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat sektor-sektor kunci yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti pertanian, UMKM, dan sektor pariwisata. 

Selain itu, PKS juga akan berfokus pada penguatan nilai-nilai kebangsaan, toleransi, dan kebersamaan dalam mewujudkan Jawa Timur yang lebih baik.

Oleh karena itu, dalam rakerwil juga dibahas terkait amanah untuk mensukseskan agenda politik yaitu pilkada serentak pada 27 Nopember 2024. 

"Dalam rakerwil dilaksanakan evaluasi sejauhmana peran PKS dalam upaya Memenangkan Paslon yang diusung oleh PKS, baik Pilgub Jatim maupun pilbup dan Pilwali. Alhamdulillah, Semua daerah sudah semaksimal mungkin melakukan upaya untuk memberikan kontribusi terbaiknya," tandasnya.

Irwan mengungkapkan, PKS siap untuk menyongsong Kemenangan bersama Paslon yang diusung termasuk Paslon Khofifah - Emil untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur," pungkas Kang Irwan. 

Rakerwil 2024 ini juga dihadiri oleh para pengurus DPW PKS Jatim dan Ketua DPD serta Sekretaris DPD PKS se-Jawa Timur. 

Dalam penutupan acara, Irwan Setiawan mengajak seluruh elemen PKS dan masyarakat Jawa Timur untuk terus bersinergi dalam membangun provinsi ini menuju masa depan yang lebih maju lagi. 

Selain itu hadir juga Amin Ak, Wakil Ketua DPP PKS BPW Jatijaya. Amin yang juga memberikan arahan menyampaikan bahwa ada 2 fokus yang harus dijaga dan ditingkatkan kader PKS, yaitu fokus pembinaan dan politik. 

"Pembinaan ini pondasi agar PKS bisa terus melakukan kerja-kerja yang berkelanjutan untuk bangsa dan NKRI," katanya. 

Sedangkan politik, bagaimana bisa melakukan aktivitas pembelaan kepada rakyat dan capaian elektoral pada Pilkada maupun Pileg. 

 "Alhamdulillah, PKS Jatim mengalami peningkatan tertinggi untuk capaian elektoral kursi DPR RI, yaitu tambahan 3 kursi. Sehingga BPW Jatijaya meraih peningkatan kursi tertinggi untuk DPR RI, yaitu 5 kursi. Ini modal baik untuk pembelaan rakyat dan capaian politik di 2029 mendatang," imbuh Amin. 

Agenda rakerwil PKS Jatim ini akan terus berlanjut dalam bentuk konsolidasi struktutal yang berkelanjutan dengan unsur bidang kaderisasi, BPKK, BP3, MPD, dan DED. Proses Konsolidasi dalam Rakerwil akan berakhir pada tanggal 9 Nopember 2024. 

Topik Menarik