Ridwan Kamil Sebut 4 Juta Orang Kerja di Jakarta tapi Tinggal di Kawasan Bodetabek 

Ridwan Kamil Sebut 4 Juta Orang Kerja di Jakarta tapi Tinggal di Kawasan Bodetabek 

Terkini | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 18:20
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur (Cagub) Ridwan Kamil menyebut 4 juta warga yang bekerja di Jakarta pulang ke Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi di malam hari. Dia akan menyiapkan Transjakarta yang terintegrasi ke wilayah aglomerasi tersebut.

Rencana ini akan direalisasikan apabila dirinya terpilih sebagai gubernur Jakarta lima tahun mendatang.

"Saya kira masukan dari Pak Sutiyoso juga dan memang aspirasi agar transJakarta ini bisa lintas batas wilayah ke Tangerang ke bogor ke Bekasi sehingga seamless tidak berhenti di perbatasan kota,” kata Ridwan Kamil, Jumat (13/9/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat itu menyebut, kebutuhan transportasi tersebut diperlukan untuk para pekerja yang pulang-pergi bekerja di Jakarta. Menurutnya, pekerja dari kota penyangga sekitar Jakarta jumlahnya mencapai 4 juta orang. 

“Ada 3-4 juta orang yang tinggalnya tidak di Jakarta. jadi siang ke sini kemudian sore atau malam kembali ke wilayah yang bukan Jakarta,” ujarnya. 

Cawagub Suswono sebelumnya juga memastikan program-program Gubernur Jakarta terdahulu seperti Joko Widodo (Jokowi), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga Anies Baswedan bakal dilanjutkan. Masyarakat tak perlu khawatir terkait kelanjutan program-program yang sudah berjalan dengan baik baik.

"Apakah Pak Anies, Pak Ahok, Pak Jokowi, Pak Heru, itu insya Allah akan kita teruskan dan kita tingkatkan ya," ujar Suswono di Jakarta Selatan, Minggu (8/9/2024).

Sebagai contoh, pihaknya akan memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) seperti Tebet Eco Park yang ada di Jakarta Selatan. Kemudian, RK-Suswono akan meningkatkan kenyamanan untuk masyarakat di taman itu.

"Termasuk ruang terbuka hijau akan diperbanyak, terutama ruang bermain ya ini masih sangat kurang, padahal, saya lihat misal di Tebet itu, eco park ya, itu saya bermain dengan cucu-cucu saya di sana dan menyenangkan sekali. Gratis," katanya.

Topik Menarik