Politikus India Baba Siddique Ditembak Mati di Mumbai, 2 Pelaku Ditangkap

Politikus India Baba Siddique Ditembak Mati di Mumbai, 2 Pelaku Ditangkap

Terkini | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 18:46
share

MUMBAI, iNews.id - Politikus India, Baba Siddique ditembak mati di Mumbai. Menurut laporan media lokal, orang-orang bersenjata menembaki Siddique di dekat kantor putranya, yang juga seorang politikus.

Polisi telah mengamankan dua orang terkait pembunuhan tersebut. Siddique, mantan menteri lokal, merupakan tokoh senior dalam politik negara bagian Maharashtra, yang akan menggelar pemilihan legislatif bulan depan.

Melansir BBC, Siddique dikenal karena pesta-pesta mewah dan hubungan dekatnya dengan para superstar Bollywood.

Pada bulan Februari, Siddique membelot dari Kongres, partai oposisi utama India, dan bergabung dengan Partai Kongres Nasional (NCP) regional, bagian dari koalisi pemerintahan BJP.

Wakil Kepala Menteri Maharashtra Ajit Pawar, yang berasal dari partai yang sama dengan Siddique, mengaku terkejut dengan peristiwa tersebut.

Penembakan itu terjadi di tengah pengamanan yang ketat karena ada festival besar Hindu di kota tersebut. Selain itu, peristiwa ini terjadi beberapa minggu setelah keamanan terhadap Siddique ditingkatkan menyusul ancaman pembunuhan.

Meskipun dua tersangka telah ditahan, motifnya masih belum diketahui. Adapun polisi saat ini tengah mencari tersangka ketiga.

Partai-partai oposisi mengkritik pemerintah, dengan menyebut ada kelalaian dalam pengamanan. Pemerintah negara bagian menjanjikan akan melakukan penyelidikan menyeluruh.

Beberapa media India melaporkan para tersangka berasal dari geng yang dipimpin oleh penjahat terkenal, Lawrence Bishnoi. 

Bishnoi saat ini menjalani hukuman penjara karena keterlibatannya dalam beberapa kasus pembunuhan tingkat tinggi, termasuk pembunuhan rapper India Sidhu Moose Wala pada tahun 2022.

Topik Menarik