Gempa Bandung M5, BNPB Sebut Sejumlah Rumah Warga Rusak hingga Roboh

Gempa Bandung M5, BNPB Sebut Sejumlah Rumah Warga Rusak hingga Roboh

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 11:32
share

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024) siang. Sejumlah bangunan rumah warga dilaporkan rusak akibat gempa tersebut.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan laporan sementara terjadi kerusakan terhadap rumah warga di Pangalengan dan Kertasari. 

“Laporan visual sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, beberapa rumah warga itu mengalami roboh di bagian dinding rumah, langit-langit, pagar dan kerusakan di bagian lain dengan kondisi rusak ringan hingga berat,” ujar Abdul Muhari, Rabu (18/9/2024).

Tak hanya rumah warga, sejumlah fasilitas umum seperti fasilitas kesehatan dan tempat ibadah turut berdampak akibat gempa Bandung yang terjadi pukul 09.41 WIB.

“Di samping itu, beberapa bangunan fasilitas umum, fasilitas kesehatan, tempat ibadah dan kantor polisi turut mengalami kerusakan di wilayah Kabupaten Bandung,” katanya.

Menurutnya saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Provinsi Jabar bersama BPBD Kabupaten Bandung, BPBD Kabupaten Bandung Barat beserta lintas instansi lainnya telah berada di lokasi terdampak untuk kaji cepat dan monitoring yang fokus dengan upaya penyelamatan warga terdampak. 

“Belum ada laporan signifikan mengenai jatuhnya korban jiwa. Perkembangan data dan informasi akan dilaporkan secara berkala pada waktu berikutnya,” ucapnya.

Sebelumnya, gempa bumi dengan Magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gempa tersebut berada pada kedalaman 10 km. Episenter gempa berada pada titik koordinat 7.19 Lintang Selatan dan 107.67 Bujur Timur.

Topik Menarik