AC Inverter, Lebih Cepat Dingin dan Hemat Listrik!

AC Inverter, Lebih Cepat Dingin dan Hemat Listrik!

Terkini | inews | Senin, 23 September 2024 - 17:00
share

JAKARTA, iNews.id - Pemakaian AC (Air Conditioner) sudah menjadi hal lumrah di masyarakat Indonesia, terutama ketika musim panas. AC bermanfaat untuk mendinginkan dan membawa hawa sejuk ke dalam ruangan. Namun, di balik manfaatnya tersebut AC ternyata berkontribusi dalam melonjaknya tagihan listrik. 

Hal ini karena durasi pemakaian AC yang panjang—bisa 12 sampai 16 jam per hari—sehingga menyebabkan konsumsi listrik jadi lebih besar. Untuk mencegah konsumsi listrik yang semakin besar, kini, hadir AC inverter yang cepat mendinginkan ruangan dan menghemat listrik. 

Mengenal Lebih Dekat AC Inverter

AC inverter merupakan pendingin ruangan yang dapat menghemat pemakaian listrik karena dapat menyesuaikan kecepatan kompresor dalam mengatur suhu. Berbeda dengan non-inverter, AC inverter bisa mengubah konsumsi listrik tergantung pada seberapa banyak orang di dalam rumah dan seberapa panas cuaca di luar rumah. 

Pada AC berteknologi inverter ini, kompresor tetap berputar tapi lajunya melambat setelah mencapai suhu yang diinginkan. Dengan melambatnya kompresor, maka konsumsi listrik pun menjadi sedikit. Pemakaian AC inverter ini dapat menghemat listrik hingga 30 persen - 40 persen setiap bulannya. 

Optimalkan Pemakaian AC untuk Tagihan Lebih Rendah

Untuk mengoptimalkan pemakaian AC inverter, maka beberapa tips berikut mungkin bisa menjadi referensi saat  menggunakan AC, seperti: pastikan ruangan di dalam rumah tertutup supaya AC dapat mendinginkan ruangan dengan cepat sesuai suhu yang diinginkan. 

Hindari menyalakan AC kalau jendela maupun pintu dalam posisi terbuka karena udara dingin terlepas keluar rumah. Dampaknya, kompresor AC bekerja lebih ekstra dan konsumsi listrik jadi meningkat. Selain itu, atur suhu sesuai dengan yang dibutuhkan karena terdapat perbedaan pada konsumsi listriknya.

Misalkan, suhu yang diatur adalah 20 derajat celsius, maka kinerja kompresor akan lebih berat dibandingkan mengatur suhu 25 derajat celsius. Sebaiknya, gunakan AC ketika tidur siang maupun malam hari dan tidak menggunakannya sepanjang hari. Soalnya, AC yang digunakan full seharian akan mengonsumsi lebih banyak listrik. 

Tidak hanya itu, pilihlah PK AC yang sesuai dengan ukuran ruangan di rumah. Semakin tinggi PK pada AC, maka konsumsi listriknya akan semakin besar. Kalau memiliki ruangan dengan luas sekitar 10 meter, sebaiknya pilih AC ½ PK, tapi jika ukuran ruangan lebih besar pakai ukuran 1 PK. 

AC Inverter DAIKIN Sebagai Solusi Paling Tepat

DAIKIN sebagai salah satu produsen AC terbaik di Indonesia memproduksi unit AC dengan teknologi inverter. AC dari DAIKIN menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari: dibanding AC biasa, AC inverter dari DAIKIN dapat mendinginkan ruangan lebih cepat. Tinggal menyalakannya sebentar, maka ruangan akan langsung terasa dingin. 

Selain itu, AC-nya dirancang dengan kompresor berteknologi canggih, di mana ketika dinyalakan kompresor akan bekerja maksimal untuk mendinginkan ruangan. Kalau sudah mencapai suhu yang diinginkan, maka kompresor akan langsung menurunkan daya pendinginannya. 

Bukan cuma itu, kerja mesin AC tidak terlalu berat karena proses pendinginannya cepat. Alhasil, energi yang dikeluarkan jadi lebih sedikit. Semakin sedikit pemakaian energi, maka biaya untuk tagihan listriknya menjadi semakin rendah. Dilengkapi dengan kompresor dan komponen dengan teknologi canggih, membuat suara yang dikeluarkan dari mesin AC jadi senyap dan tidak bising sehingga tidak akan ada polusi suara.

Bahkan, AC-nya bisa dipakai sampai puluhan tahun, sehingga tidak perlu kerepotan mengganti AC setiap tahun. Terdapat tips dan panduan perawatan AC sehingga akan semakin memudahkan ketika pemakaiannya atau butuh untuk dirawat secara berkala. 

AC inverter DAIKIN, lebih cepat dinginkan ruangan dan hemat listrik. Gunakan untuk menyejukkan ruangan di rumah!

Topik Menarik