Maling Motor di GBK Beraksi Ajak Mantan Pacar, Cari Korban Lewat Dating Apps

Maling Motor di GBK Beraksi Ajak Mantan Pacar, Cari Korban Lewat Dating Apps

Terkini | inews | Kamis, 26 September 2024 - 07:10
share

JAKARTA, iNews.id - JL mengajak mantan pacarnya AB untuk mencuri motor dengan modus mencari korban lewat dating apps. Keduanya, biasa beraksi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Kapolsek Metro Tanah Abang, AKBP Aditya Simanggara Pratama mengatakan korban yang telah bekenalan lewat dating apps diajak bertemu.

Keduanya kemudian bertemu untuk pertama kalinya di wilayah Pluit. Dari pertemuan itu, mereka lalu berencana untuk olahraga bersama di kawasan GBK.

"Mengajak korban untuk olahraga di GBK Senayan pada hari Minggu tanggal 25 Agustus 2024," kata Aditya, Rabu (25/9/2024).

Korban lalu menjemput pelaku di wilayah Pluit dan bersama-sama menuju ke GBK. Sementara, pelaku lainnya yakni AB membuntuti keduanya menuju ke GBK.

JL kemudian memesan loker dan meminta YC untuk bersama-sama menyimpan barangnya di loker tersebut dan lanjut berolahraga bersama.

"Meminta kepada korban untuk menyimpan barang-barang bawaan di satu loker yang sama yang telah dipesan," ujar dia.

Pelaku lalu meminta izin ke korban untuk ke toilet mengganti pembalut saat berolahraga. Namun, setelah ditunggu, pelaku tak kunjung kembali.

Korban pun menuju ke loker dan mendapati barang-barang dan motornya yang dipakai ke GBK sudah raib.

"Atas kejadian tersebut korban dirugikan sebesar Rp12 juta," ujar dia.

Selanjutnya: Korban Jebak Pelaku

Tak lama berselang, korban berencana menjebak pelaku lewat temannya dengan cara berkenalan terlebih dahulu lewat aplikasi Badoo. Sama dengan sebelumnya, pelaku kembali mengajak untuk berolahraga di GBK.

Pelaku juga kembali menggunakan modus yang sama yakni meminta teman korban menyimpan barangnya di loker yang sama kemudian di sela berolahraga meminta izin untuk ke toilet.

Tak ingin kembali ditipu, teman korban mengawasi pelaku saat menuju ke toilet.

"Mendengar hal tersebut korban mendampingi tersangka menuju toilet dan mengawasi tersangka," jelas dia.

Namun, di sela mengawasi pelaku, teman korban tiba-tiba didatangi oleh petugas sekuriti yang memberi tahu bahwa motornya hendak dicuri. Ketika didatangi ke parkiran, ternyata barang dan motor sudah nyaris dicuri oleh pelaku AB.

"AB mendapatkan screenshoot barcode kunci loker paxel dari tersangka JL. Sehingga tersangka dapat mengakses kotak loker dan seluruh isi barang dari loker tersebut," kata dia.

JL dan AB sempat dilaporkan ke Polsek Metro Tanah Abang dan ditetapkan sebagai tersangka. Namun begitu, sambung Aditya, korban dan para pelaku akhirnya sepakat untuk berdamai.

"Pelapor-terlapor memutuskan damai. Terlapor mengganti kerugian pelapor," kata dia.

Topik Menarik