Utusan Presiden Rusia dan Presiden Amerika Serikat, Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di Jakarta

Utusan Presiden Rusia dan Presiden Amerika Serikat, Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di Jakarta

Terkini | depok.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 15:30
share

JAKARTA, iNews Depok.id - Utusan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, hadiri pelantikan Presiden terpilih Prabowo-Gibran di Jakarta, Minggu (20/10/2024). 

Dalam pernyataannya pada akun Instagram, Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di Indonesia menyatakan, Presiden Vladimir Putin mengutus Wakil Perdana Menteri Denis Manturov, yang telah tiba di Jakarta pada Sabtu, 19 Oktober 2024 kemarin.

Sebelumnya, Presiden Rusia tersebut memberikan ucapan selamat kepada pasangan Presiden Prabowo-Gibran setelah dua hari pasca pencoblosan.

Putin mengatakan, hubungan antara Rusia dan Indonesia didasarkan atas tradisi hal baik dan terus berkembang disegala bidang.

"Saya yakin bahwa sebagai kepala negara, Anda akan berperan semakin memajukan kerjasama antara Indonesia dan Rusia secara menyeluruh untuk kebaikan negara kita," ujar Putin yang dirilis Kementerian Kemlu Rusia saat itu.

Di sisi lain, Presiden AS Joe Biden mengutus duta besar untuk PBB, Linda Thomas Greenfield, untuk hadir dipelantikan Presiden Prabowo-Gibran. Linda Thomas tiba pada Sabtu, 19 Oktober 2024 di landasan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Presiden AS tersebut mengumumkan penunjukan delegasi kepresidenan untuk hadir dalam pelantikan Presiden Indonesia pada 20 Oktober 2024 di Jakarta. Yang dipimpin delegasi untuk PBB, Linda Thomas Greenfield.

Topik Menarik