PlayStation 5 Pro Edisi Terbatas Diborong Calo, Dijual Berkali-kali Lipat

PlayStation 5 Pro Edisi Terbatas Diborong Calo, Dijual Berkali-kali Lipat

Gaya Hidup | inews | Senin, 30 September 2024 - 18:58
share

JAKARTA, iNews.id - Sony membuka pre-order untuk PlayStation 5 (PS5) Pro edisi reguler dan khusus. Tapi, kuota yang disediakan habis diborong calo untuk dijual kembali dengan harga 10 kali lipat.

Pemesanan PS5 Pro 30th Anniversary Limited Edition Bundle dibuka di Inggris dan Eropa terlebih dahulu, dengan harga 959 poundsterling atau 1.099 euro (Rp19,4 juta). Konsol edisi khusus ini hanya bisa dipesan lewat website PlayStation Direct.

Untuk edisi khusus, Sony hanya memproduksi 12.300 unit PS5 Pro 30th Anniversary Edition. Konsol ini hadir dalam warna abu-abu klasik ala PS1 dengan bundle aksesori seperti controller DualSense, DualSense Edge, konektor controller dengan desain klasik, dan aneka pernak-pernik edisi khusus lainnya.

Dalam hitungan detik setelah pre-order dibuka, banyak penggemar langsung melakukan proses pemesanan. Bahkan ada yang tidak bisa memesan karena konsol tersebut sudah habis terjual. 

Sampai saat ini, PS5 edisi ulang tahun ke-30 masih belum tersedia di website PlayStation Direct. Seperti produk langka dan banyak diminati pada umumnya, PS5 Pro edisi terbatas langsung bermunculan di laman jual beli online, seperti eBay. 

Para calo yang berhasil mendapat pemesanan PS5 Pro edisi terbatas menjual konsol ini kembali dengan harga hingga 10.000 poundsterling atau sekitar Rp202 jutaan.

Namun, iklan yang dihadirkan bukanlah PS5 Pro edisi khusus yang sudah mereka miliki melainkan kuota pemesanan yang sudah didapatkan. Alhasil, banyak yang menyarankan tidak melakukan transaksi karena berisiko penipuan.

Perwakilan eBay mengatakan platform-nya mengizinkan penjualan barang pre-order yang belum dipegang oleh penjual jika mematuhi kebijakan presale yang berlaku. Kebijakan menaikkan harga juga tidak berlaku untuk konsol game seperti PS5 Pro.

"Kebijakan eBay untuk menaikkan harga hanya berlaku untuk barang-barang penting, dan tidak termasuk barang-barang seperti konsol video game," kata perwakilan eBay seperti dikutip dari IGN.

Situasi ini mengingatkan pada situasi saat PlayStation 5 mulai dijual, dan Sony tampak tidak berdaya saat itu untuk mencegahnya seperti sekarang. PlayStation 30th Anniversary Collection baru akan dirilis pada 21 November, jadi masih ada waktu bagi Sony dan situs lelang seperti eBay untuk turun tangan, tetapi tidak ada perusahaan yang mengumumkan rencana untuk melakukannya.

Topik Menarik