Puan Soal Arah Legislasi DPR: Harus Berkualitas dan Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Puan Soal Arah Legislasi DPR: Harus Berkualitas dan Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Terkini | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 17:17
share

JAKARTA, iNews.id - Puan Maharani resmi dilantik kembali sebagai anggota DPR RI. Untuk periode DPR tahun 2024-2029, Puan pun menegaskan pentingnya membangun legislasi yang berkualitas.

“Bagaimana kemudian kita membangun legislasi yang memang berkualitas, tidak perlu muluk-muluk atau terlalu banyak,” kata Puan, Selasa (1/10/2024).

Meski begitu, Puan menekankan bahwa produk legislasi atau undang-undang bukan hanya dibuat oleh DPR, tapi juga bersama pemerintah.

“Jadi sinergitas antara keduanya (DPR dan Pemerintah) itu memang harus terbangun,” katanya.

Dalam membuat legislasi, Puan menyebut hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mendengarkan aspirasi masyarakat. Sebab produk legislasi dibuat untuk kepastian hukum demi menjamin kepentingan rakyat dan negara.

“Dan yang paling penting mendengarkan aspirasi dan masukan dari masyarakat yang sangat penting untuk dilakukan dengan mekanisme yang baik,” katanya.

Menurut Ketua DPR RI periode 2019-2024 itu, hal tersebut penting pada masa transisi pemerintahan saat ini. Puan mengatakan, sinergi bersama pemerintah yang akan datang sudah mulai dilakukan oleh DPR sejak dini.

“Tentu saja kita harus tetap selalu berkomunikasi untuk membangun komunikasi yang baik yang nantinya harus terbangun pasca 20 Oktober (pelantikan presiden),” katanya.

Topik Menarik