Shin Tae-yong Harap Kevin Diks Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Jepang Bulan Depan

Shin Tae-yong Harap Kevin Diks Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Jepang Bulan Depan

Olahraga | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 19:57
share

JAKARTA, iNews.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) berharap Kevin Diks sudah bisa membela Tim Garuda saat menjamu Jepang, bulan depan. 

Saat ini, PSSI sedang memproses naturalisasi Kevin Diks untuk bisa membela Timnas Indonesia. STY berharap sang defender sudah tersedia saat Tim Garuda menerima kedatangan Timnas Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dalam matchday kelima putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 15 November mendatang. 

Meski begitu, STY tidak bisa memastikan apakah pemain anyar FC Copenhagen itu sudah bisa gabung Timnas Indonesia di bulan November atau tidak. Sebab, dirinya tidak mengurus perihal administrasi.

“Kevin Diks bisa atau tidak main di November? Saya tidak bisa memutuskannya. Karena saya bukan yang urus administrasinya, jujur saya enggak ngerti,” kata Shin Tae-yong di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Namun, pelatih berusia 54 tahun itu sangat berharap proses naturalisasi Kevin bisa segera rampung. Karena dia ingin bek berusia 28 tahun itu bisa bergabung bersama Timnas Indonesia di bulan November mendatang untuk menjamu Jepang dan Arab Saudi.

“Tapi secara pribadi, saya harap Kevin Diks bisa main November nanti (lawan Jepang dan Arab Saudi),” pelatih asal Korea Selatan itu berharap.

Saat ini, Kevin tinggal menunggu proses naturalisasi selanjutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Diantara proses yang akan dilalui oleh pemain keturunan Ambon itu adalah persetujuan dari pemerintah dan DPR, pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dan perpindahan federasi.

Jika prosesnya rampung cepat, bukan tidak mungkin Kevin akan melakoni debutnya di bulan November mendatang. Seperti diketahui, Skuad Garuda akan menjamu Jepang pada 15 November dan Arab Saudi pada 19 November mendatang. Kedua laga kandang itu rencananya dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.

Akan tetapi, tampaknya akan cukup sulit juga bagi PSSI untuk mempercepat proses naturalisasi Kevin. Mengingat, ada transisi pemerintahan dari Joko Widodo ke Prabowo Subianto. Terlebih lagi, DPR RI yang menjadi tempat pembahasan naturalisasi juga akan berganti personel.

Saat ini, Tim Garuda mogok di peringkat kelima klasemen sementara Grup C dengan tiga poin, setara dengan China di bawahnya. Namun, peluang Timnas Indonesia masih sangat terbuka karena hanya berselisih dua poin dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain di peringkat kedua, ketiga dan keempat. Puncak klasemen masih dikuasai Jepang dengan sepuluh poin. 

Masih ada enam pertandingan lagi yang bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia dalam menjaga asa menuju Piala Dunia 2026. Dari enam tersebut, Tim Garuda masih memiliki empat laga kandang kontra Jepang, Arab Saudi, Bahrain dan China. Sedangkan dua tandang, Jay Idzes dkk masih akan sowan ke Jepang dan Australia.

Topik Menarik