Istana Siapkan Mobil Pensiun untuk Jokowi, Jenis Alphard Nopol AD 1 JKW

Istana Siapkan Mobil Pensiun untuk Jokowi, Jenis Alphard Nopol AD 1 JKW

Terkini | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 14:30
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyiapkan mobil Toyota Alphard bernomor polisi AD 1 JKW berwarna hitam untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mobil itu akan digunakan Jokowi usai purnatugas pada 20 Oktober mendatang.

Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana mengatakan Istana sudah menyiapkan skenario kepulangan Jokowi dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah, via jalur darat maupun udara.

"Mengenai skenario kembali ke Solo itu intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario. Apakah beliau akan berkenan melalui darat atau melalui udara," kata Ari di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Dia menyebut Istana juga telah menyiapkan mobil untuk perjalanan Jokowi. Mobil itu berjenis Toyota Alphard dengan nomor polisi (nopol) AD 1 JKW.

Ari mengatakan mobil tersebut disiapkan untuk kebutuhan transportasi Jokowi jika nantinya memilih untuk pulang ke Solo via jalur darat.

"Iya, untuk rencana Pak Presiden. Apakah beliau lewat darat ataupun ke bandara, kan perlu kendaraan juga mengantarkan ke sana," tutur Ari.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan pesawat komersial untuk membawa Jokowi pulang ke Solo via Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Kita siapkan semua skenario. Kalau beliau berkenaan melalui udara, melalui pesawat komersial disiapkan. Tapi kalau beliau akan melalui darat, kami juga akan siapkan dari kesekretariatan sekitar itu," kata dia.

Ari memastikan negara juga akan memberikan fasilitas pengawalan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) kepada Jokowi beserta keluarga. Bahkan, tim protokol Istana juga telah menyiapkan aktivitas Jokowi saat tiba di Solo pada 20 Oktober mendatang.

Topik Menarik