Masyarakat Malaysia Ngamuk usai FIFA Tolak Naturalisasi Mats Deijl: Kita Makin Ditertawakan Indonesia!

Masyarakat Malaysia Ngamuk usai FIFA Tolak Naturalisasi Mats Deijl: Kita Makin Ditertawakan Indonesia!

Terkini | okezone | Kamis, 3 Oktober 2024 - 12:02
share

MASYARAKAT Malaysia ngamuk usai FIFA secara resmi menolak naturalisasi Mats Deijl ke Timnas Malaysia. Di berbagai platform sosial media, mereka merasa malu karena semakin ditertawakan Indonesia.

Federasi sepakbola internasional (FIFA) menolak naturalisasi Mats Deijl karena tidak eligible untuk pindah kewarganegaraan. Berdasarkan statuta FIFA, setiap pemain sepakbola bisa berganti kewarganegaraan dan membela tim nasional negara lain apabila memiliki garis keturunan maksimal dari kakek atau nenek.

Akan tetapi, dalam kasus Deijl, pemain tim Go Ahead Eagles itu memiliki garis keturunan Malaysia dari sang buyut. Buyutnya lahir di Singapura pada 1893 dimana kala itu wilayah Singapura masih bagian dari Malaysia. Namun garis keturunan dari buyut ini terlalu jauh sehingga dirinya tidak bisa dinaturalisasi.

“Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menginformasikan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah memastikan pemain klub Go Ahead Eagles asal Belanda, Mats Deijl belum lolos persyaratan kelayakan untuk bergabung dengan skuad Harimau Malaya.” tulis pernyataan resmi asosiasi sepakbola Malaysia (FAM) dikutip Okezone, Kamis (03/10/2024).

“Pasalnya, berdasarkan dokumen yang terlampir, diketahui pemain berusia 27 tahun itu hanya memiliki darah Malaysia melalui nenek moyangnya dan bukan melalui kakek dan neneknya sebagaimana diatur dalam ketentuan FIFA.” sambung rilis tersebut.

Melihat naturalisasi Mats Deijl yang ditolak oleh FIFA, masyarakat Malaysia pun merasa kesal dan malu. Di berbagai sosial media, mereka bahkan meluapkan kemarahannya secara membabi buta.

Topik Menarik