Bicara Sistem, Prabowo Ungkap Demokrasi yang Cocok untuk Indonesia

Bicara Sistem, Prabowo Ungkap Demokrasi yang Cocok untuk Indonesia

Nasional | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 16:28
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto mengungkap bahwa dalam berdemokrasi, rakyat merupakan elemen yang harus dijunjung tinggi, dan negara wajib menempatkan kedaulatan rakyat di atas kepentingan pribadi.

"Kerakyatan merupakan sendi utama dari kelima sila yang kita junjung tinggi, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan," kata Prabowo di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Menurutnya, kehidupan berdemokrasi di Indonesia harus memiliki khas yang cocok untuk bangsa. Di antaranya adalah demokrasi dengan santun, tanpa permusuhan.

"Kita menghendaki kehidupan demokrasi, tapi marilah kita sadar bahwa demokrasi kita harus demokrasi yang khas untuk Indonesia, demokrasi yang cocok untuk bangsa kita, demokrasi yang berasal dari sejarah dan budaya kita, demokrasi kita harus demokrasi yang santun, demokrasi dimana berbeda pendapat harus tanpa permusuhan," katanya.

"Demokrasi di mana mengoreksi harus tanpa caci maki, bertarung tanpa membenci, bertanding tanpa berbuat curang, demokrasi kita harus demokrasi yang menghindari kekerasan, yang menghindari adu domba, yang menghindari hasut menghasut, demokrasi kita harus demokrasi yang sejuk, demokrasi yang damai, demokrasi yang menghindari kemunafikan," sambungnya.
 

Topik Menarik