Mantan Duta Besar RI untuk Polandia Peter Gontha Galau dengan Timnas Indonesia, Sentil Pemain Naturalisasi

Mantan Duta Besar RI untuk Polandia Peter Gontha Galau dengan Timnas Indonesia, Sentil Pemain Naturalisasi

Olahraga | inews | Kamis, 12 September 2024 - 12:59
share

JAKARTA, iNews.id - Mantan duta besar RI untuk Polandia Peter Gontha galau dengan Timnas Indonesia. Dia menyinggung banyaknya pemain naturalisasi di Skuad Garuda.

PSSI era Erick Thohir memang gencar melakukan proyek naturalisasi. Kini starting XI skuad Garuda arah Shin Tae-yong didominasi pemain naturalisasi.

Tapi proyek dari PSSI itu berjalan lurus dengan kemajuan sepak bola Tanah Air. Timnas Indonesia kini tak bisa dipandang sebelah mata di Asia bahkan level dunia.

Terbaru Jay Idzes dan kolega menahan imbang raksasa Asia Arab Saudi 1-1 dan Australia 0-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Ini bukan pencapaian main-main, sebab kedua negara tersebut merupakan tim langganan Piala Dunia.

Sebelum itu, Timnas Indonesia juga berhasil tembus ke 16 Besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Di tengah prestasi tersebut, Peter justru galau.

Begini isi postingannya di Instagram yang dibarengi dengan logo PSSI.

"Saya sungguh Galau, saya akan posting status yang akan membuat follower saya marah, tapi tidak apa saya ambil risiko ini, karena saya mau menjaga martabat bangsa saya.
1. Apakah anda cinta PSSI? (saya cinta)
2. Apakah anda cinta bangsa? (saya cinta)
3. Apakah anda tidak malu lihat PSSI 9 pemainnya adalah bangsa asing yang dinaturalisasi? (Saya malu).
4. Apakah kita bangsa besar? (saya rasa demikian)
5. Apakah anda tau bahwa naturalisasi mereka hanya sementara, karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka?(saya tau)
6. Apakah mereka mau membuang tunjangan sosial mereka dinegara nya begitu saja? (saya rasa tidak).
7. Apakah menurut anda tidak lebih baik membina pemain kita dari muda (SD s/d Dewasa)?( saya rasa demikian)
8. Apakah tidak lebih baik kalah dengan terhormat dari pada Menang atau seri dengan cara yang merendahkan martabat bangsa?(saya malu)," tulis Peter dikutip Kamis (12/9/2024).

Baginya kesuksesan Timnas Indonesia saat ini merupakan kepalsuan. Dia juga berharap Presiden RI terpilih Prabowo Subianto bisa menyelesaikan masalah ini.

"Semoga saya mendapat tanggapan yang baik, tidak emosional, marilah kita tidak dibohongi atau membohongi diri kita sendiri dengan keadaan PERSEPAKBOLAAN kita yang palsu," tulisnya.

"Salam, MERDEKA. Semoga pemerintahan pak Prabowo dapat menghilangkan kebohongan dan kepalauan ini!!!" lanjutnya.

Netizen ramai membahas unggahan Peter. Banyak dari mereka yang tak sependapat dengan unggahan politikus Partai Nasdem itu.

"Beliau tsb tau ngga ya, kalo memperbaiki sepak bola indonesia itu mulainya dari minus? Bahkan minus bangettt. Coach STY aja dateng pertama kali bukan kasih strategi tapi malah mengajarkan teknik dasar passing, mengatur pola makan, bahkan melatih fisik," ujar netizen di X dengan akun @aardwi15.

"Pak Peter.. pak Peter.. kita mau ramein tatakelola GBK malah balik bahas ini lagi. bakal nyampe ke ruang ganti nih, klo bikin rusak suasana tim gimana dong pak @petergontha? yang ada "proud" bapak itu menjadi nasionalisme sempit," kicau @okinantan.

Topik Menarik