1.297.910 Surat Suara Pilgub Jateng Tiba di Semarang, Mbak Ita Harap Tahapan Pilkada Berjalan Lancar

1.297.910 Surat Suara Pilgub Jateng Tiba di Semarang, Mbak Ita Harap Tahapan Pilkada Berjalan Lancar

Berita Utama | semarang.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:30
share

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Sebanyak 1.297.910 surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rabu (23/10) malam tiba di gudang logistik KPU Kota Semarang. Jumlah surat suara tersebut dihitung dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.265.192 ditambah 2.5 persen per Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Truk bertuliskan Jaladara Trans membawa 1.297.910 surat suara Pilgub Jateng 2024 untuk Kota Semarang dan Kabupaten Semarang dengan pengawalan tiga personil Brimob dan dua anggota KPU Provinsi Jateng.  

Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, serta unsur keamanan dari Kasat Intel dan Kabag Ops Polrestabes Semarang serta Bawaslu, menerima langsung kedatangan surat suara tersebut di Kawasan Industri Candi Gatot Subroto. Surat suara ini menjadi bagian penting dari persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Mbak Ita, sapaan akrab wali kota menyatakan bahwa penerimaan surat suara ini merupakan langkah strategis dalam proses Pilgub.

 “Hari ini kami menerima 1.297.910 surat suara dari KPU Jawa Tengah. Surat suara ini telah dicek dan dinyatakan lengkap. Kami akan memastikan seluruh proses penjagaan, penyimpanan, sortir, hingga pelipatan dilakukan dengan pengawasan ketat untuk memastikan kelancaran hingga hari pencoblosan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa surat suara untuk Pemilihan Wali kota Semarang akan segera menyusul, dan proses sortir serta pelipatan akan dilakukan secara bersamaan. 

“Setelah surat suara Pilgub selesai disortir dan dilipat, surat suara Pilwalkot akan langsung diproses. Tinta dan kelengkapan lainnya juga sudah tiba, jadi kami optimis semua tahapan dapat berjalan lancar sesuai jadwal,” tutur Mbak Ita.

Sementara itu Ketua KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini mengungkapkan bahwa surat suara Pilgub tiba sesuai prediksi. 

“Surat suara berangkat dari KPU Provinsi pukul 11.00 dan tiba di sini sekitar pukul 19.00. Jumlah surat suara menyesuaikan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen cadangan, sehingga totalnya mencapai 1.297.910 lembar,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa surat suara untuk Pemilihan Wali kota Semarang direncanakan tiba pada 1 November. 

“Surat suara Pilwalkot dijadwalkan tiba pada 1 November, dan proses sortir serta pelipatan akan dilakukan bersamaan dengan surat suara Pilgub. Kami telah menyiapkan 250 pekerja, dan diharapkan proses ini selesai dalam waktu dua hari,” pungkasnya.

 

 

Topik Menarik