Apakah Lebanon Negara Islam ?

Apakah Lebanon Negara Islam ?

Terkini | sindonews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 10:01
share

Lebanon adalah salah satu negara di Timur Tengah yang terletak di pantai timur laut Mediterania. Negara tersebut bersebelahan dengan Suriah di bagian utara dan timur, serta Israel di bagian barat.

Lokasi yang dimiliki oleh Lebanon menjadikan Lebanon salah satu pemain penting dalam geopolitik regional. Terutama dalam permasalahan Palestina-Israel.

Belakangan ini, Lebanon terjerumus dalam konflik tersebut dimana kelompok partai politik Hizbullahmelakukan aksi retaliasi mereka terhadap Israel dari Ibukota Lebanon, Beirut. Hal ini memberikan gambaran ke dunia bahwa rakyat Lebanon dituduh mendukung Hizbullah.

Menjadi pertanyaan, Apakah Lebanon termasuk negara islam dikarenakan banyaknya rakyat Lebanon yang mendukung Hizbullah dikarenakan mereka adalah pro islam syiah atau sebaliknya?

Penjelasan tentang Negara Islam

Sebelum mengetahui jika Lebanon adalah negara Islam, kita harus mengetahui apa itu negara islam dan karakteristiknya.Secara definisi negara Islam adalah suatu negara yang pemerintahanya memiliki aspek Islam dan muslim menjadi mayoritas agama milik rakyatnya. Perbedaan dimana sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara Islam atau muslim terletak dalam aturannya

Negara yang mengikuti hukum syariah, yaitu aturan hukum berbasis dari Al-quran, hadis, atau tulisan Islam lainnya dapat digolongkan sebagai negara islam

Melainkan negara muslim dimana mereka dapat memilih pemerintah yang non-Islam dan tidak memiliki hukum syariah. Akan tetapi hukum yang diimplementasikan tidak boleh bertentangan dengan aturan Islam.

Contoh dari aturan yang tidak bertentangan dengan Islam seperti saat seseorang mencuri, melainkan tangan pencuri dipotong. Pelaku dapat di penjara sesuai dengan besar kecilnya pelanggaran dari mencuri tersebut.

Dalam hal tersebut, hukum yang diberikan oleh mereka tidak berkontradiksi dimana si pelaku bebas tetapi mendapat hukuman yang lebih manusiawi melainkan pemotongan tangan secara paksa.

Selain itu institusi beragama seperti sekolah Islam, masjid, dan organisasi Islam menjadi salah satu peran utama dalam masyarakat negara tersebut.

Terakhir, biasanya negara yang termasuk sebagai negara islam akan mendeklarasikan dirinya seperti agama resmi negara dalam konstitusi atau di dokumen legal mereka.

Fakta tentang Lebanon

Secara aturan legalnya, Lebanon tidak menggunakan aturan Hukum Syariah seperti Arab atau Iran melainkan mereka terinspirasi dari sistem hukum Perancis.

Sebagai negara yang memiliki sistem politik yang kurang stabil. Aturan keamanan mereka sangat kuat demi perlindungan negara. Hal ini dikarenakan invasi Israel ke Beirut di Lebanon pada tahun 1982.

Terdapat beberapa aturan yang diubah dengan konteks dialog nasional bertujuan untuk menetapkan strategi baru. Strategi tersebut memberikan negara tersebut menggunakan perlawanan paramiliter yang dikontrol oleh Hizbullah untuk melindungi Lebanon dari Israel.

Dengan hal ini, dapat diketahui mengapa beberapa rakyat Lebanon mendukung Hizbullah yaitu dikarenakan dalam sistem hukum mereka, Hizbullah harus mempertahankan keamanan Lebanon dari Israel.

Sistem pemerintahan Lebanon menggunakan sistem parlemen demokrasi dengan ekonomi liberal yang mempromosikan dan menjanjikan kebebasan pribadi. Sistem parlemen tersebut memiliki bidang legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Untuk penganut agama, terdapat Muslim Sunni dan Syiah, Kristen, dan penganut lainnya. kedua Sunni dan Syiah memiliki banyak penganut yang setara dengan satu sama lain.

Lebanon sendiri adalah negara yang bebas beragama seperti Indonesia dengan mayoritas agama Islam (termasuk sunni dan syiah) 67.6 persen dilanjutkan dengan kristen 32.4 dan sisanya adalah agama lainnya seperti yahudi, ortodoks yunani, dan lain lain.

Dengan keberagaman agama, pemerintahan Lebanon juga di masuki oleh beragam agama seperti presiden kristen, pm muslim sunni, ketua parlemen muslim syiah, wakil perdana menteri dan parlemen yunani orthodox, kepala staf umum senjata druze, dan 6:5 rasio yang mendukung islam dan kristen dalam parlemen Lebanon.

Adapun keunikan lainnya seperti bagaimana parlemen kristen lebanon tidak boleh meminta intervensi barat dan menerima bahwa Lebanon memiliki ciri-ciri arab, tetapi juga bagaimana pemerintah muslim Lebanon meninggalkan aspirasi mereka untuk bergabung dengan Suriah.

Apakah Lebanon Negara Islam

Lebanon bukan termasuk kedalam negara islam, melainkan negara muslim seperti Indonesia. Mayoritas agama lebanon terdiri dari Islam (Sunni dan Syiah), Kristen, dan lain lain (Yahudi, Yunani Orthodox, Druze).

Hal ini dikarenakan Lebanon menggunakan sistem hukum yang mengikuti perancis melainkan hukum syariah, tetapi memiliki mayoritas muslim dibandingkan dengan agama lain.

Sistem pemerintahan Lebanon adalah sistem parlemen demokrasi dengan ekonomi liberal dengan tiga bidang : Legislatif, Yudikatif, Dan eksekutif.

Lebanon adalah negara yang toleran dengan keberagaman agama dimana dalam pemerintahan, Islam sunni dan syiah serta kristen berpartisipasi dalam melindungi negara mereka.MG/ Raffirabbani Panatamahdi Adizaputra

Baca juga:Mengapa Lebanon Tak Mampu Melepaskan diri dari Cengkeraman Hizbullah?

Topik Menarik